Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang

Hukum Menonton Film Porno

Posted by meisusilo pada 11 April 2009

Sesungguhnya Allah swt telah memerintahkan orang-orang beriman untuk menjaga pandangan dari melihat aurat atau kehormatan orang lain, sebagaimana firman Allah swt

قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ

Artinya : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An Nuur : 30 – 31)

Senada dengan ayat diatas, Nabi saw juga telah melarang seseorang melihat aurat orang lain walaupun seorang laki-laki terhadap laki-laki yang lain atau seorang wanita terhadap wanita yang lain baik dengan syahwat maupun tanpa syahwat, sebagaimana sabdanya saw,”Janganlah seorang laki-laki melihat aurat laki-laki (lain) dan janganlah seorang wanita melihat aurat wanita (lain). Janganlah seorang laki-laki berada dalam satu selimut dengan laki-laki lain dan janganlah seorang wanita berada dalam satu selimut dengan wanita lain.” (HR. Al Baihaqi)

Didalam film-film porno, batas-batas aurat atau bahkan inti dari aurat seseorang diperlihatkan dan dipertontonkan kepada orang-orang yang tidak halal melihatnya, ini merupakan perbuatan yang diharamkan baik orang yang mempertontokan maupun yang menontonnya.

Untuk itu tidak diperbolehkan bagi seseorang menyaksikan film porno walaupun dengan alasan belajar tentang cara-cara berhubungan atau menghilangkan kelemahan syahwatnya karena untuk alasan ini tidak mesti dengan menyaksikan film tersebut akan tetapi bisa dengan cara-cara lainnya yang didalamnya tidak ditampakkan aurat orang lain, seperti buku-buku agama yang menjelaskan tentang seks, buku-buku fiqih tentang pernikahan atau mungkin buku-buku umum tentang seks yang bebas dari penampakan aurat seseorang didalamnya.

Meskipun tidak ada nash yang jelas yang secara tegas memberikan hukuman (hadd) kepada orang yang menyaksikan atau melihat aurat orang asing, atau melaknat maupun mengancamnya dengan siksa neraka yang bisa memasukkan perbuatan itu kedalam dosa besar seperti yang disebutkan Imam Nawawi bahwa diantara tanda-tanda dosa besar adalah wajib atasnya hadd, diancam dengan siksa neraka dan sejensnya sebagaimana disebutkan didalam Al Qur’an maupun Sunnah. Para pelakunya pun disifatkan dengan fasiq berdasarkan nash, dilaknat sebagaimana Allah swt melaknat orang yang merubah batas-batas tanah. (Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi juz II hal 113)

Atau yang disebutkan oleh Izzuddin bin Abdul Aziz bin Abdus Salam bahwa sebagian ulama mengatakan dosa-dosa besar adalah segala dosa yang disertai dengan ancaman atau hadd (hukuman) atau laknat. (Qawaidul Ahkam Fii Mashalihil Anam juz I hal 32)

Akan tetapi apabila perbuatan itu dilakukan tanpa ada perasaan takut kepada Allah swt, penyesalan atau bahkan menyepelekannya sehingga menjadi sesuatu yang sering dilakukannya maka perbuatan itu bisa digolongkan kedalam dosa besar, sebagaimana pendapat dari Abu Hamid al Ghazali didalam “Al Basiith” bahwa batasan menyeluruh dalam hal dosa besar adalah segala kemaksiatan yang dilakukan seseorang tanpa ada perasaan takut dan penyesalan, seperti orang yang menyepelekan suatu dosa sehingga menjadi kebiasaan. Setiap penyepelean dan peremehan suatu dosa maka ia termasuk kedalam dosa besar.. (Shahih Muslim bi Syarhin Nawawi juz II hal 113)

Atau disebutkan didalam suatu ungkapan bahwa suatu dosa tidaklah dikatakan kecil apabila dilakukan secara terus menerus dan suatu dosa tidaklah dikatakan besar apabila dibarengi dengan istighfar.

Menonton Film Porno Termasuk Perzinahan

Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairoh berkata dari Nabi saw,”Sesungguhnya Allah telah menetapkan terhadap anak-anak Adam bagian dari zina yang bisa jadi ia mengalaminya dan hal itu tidaklah mustahil. Zina mata adalah penglihatan, zina lisan adalah perkataan dimana diri ini menginginkan dan menyukai serta kemaluan membenarkan itu semua atau mendustainya.” (HR. Bukhori)

Imam Bukhori memasukan hadits ini kedalam Bab Zina Anggota Tubuh Selain Kemaluan, artinya bahwa zina tidak hanya terbatas pada apa yang dilakukan oleh kemaluan seseorang saja. Namun zina bisa dilakukan dengan mata melalui pandangan dan penglihatannya kepada sesuatu yang tidak dihalalkan, zina bisa dilakukan dengan lisannya dengan membicarakan hal-hal yang tidak benar dan zina juga bisa dilakukan dengan tangannya berupa menyentuh, memegang sesuatu yang diharamkan.
Ibnu Hajar menyebutkan pendapat Ibnu Bathol yaitu,”Pandangan dan pembicaraan dinamakan dengan zina dikarenakan kedua hal tersebut menuntun seseorang untuk melakukan perzinahan yang sebenarnya. Karena itu kata selanjutnya adalah “serta kemaluan membenarkan itu semua atau mendustainya.” (Fathul Bari juz XI hal 28)

Adakah Hukuman Bagi Orang Yang Menontonnya

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa tidak ada nash yang secara tegas menyebutkan bahwa orang yang melihat atau menyaksikan aurat orang lain, seperti menonton film porno ini dikenakan hukuman (hadd) akan tetapi si pelakunya harus diberikan teguran keras dan tidak ada kewajiban baginya kafarat.
Ibnul Qoyyim mengatakan,”Adapun teguran adalah pada setiap kemaksiatan yang tidak ada hadd (hukuman) dan juga tidak ada kafaratnya. Sesungguhnya kemaksiatan itu mencakup tiga macam :

1. Kemaksiatan yang didalamnya ada hadd dan kafarat.
2. Kemaksiatan yang didalamnya hanya ada kafarat tidak ada hadd.
3. Kemaksiatan yang didalamnya tidak ada hadd dan tidak ada kafarat.

Adapun contoh dari macam yang pertama adalah mencuri, minum khomr, zina dan menuduh orang berzina. Sedangkan contoh dari macam kedua adalah berjima’ pada siang hari di bulan Ramadhan, bersetubuh saat ihram.Dan contoh dari macam yang ketiga adalah menyetubuhi seorang budak yang dimiliki bersama antara dia dan orang lain, mencium orang asing dan berdua-duaan dengannya, masuk ke kamar mandi tanpa mengenakan sarung, memakan daging bangkai, darah, babi dan yang sejenisnya. (I’lamul Muwaqqi’in juz II hal 183)

Wallahu A’lam

(erm/Ustadz Sigit Pranowo, Lc.)

About these ads

34 Tanggapan to “Hukum Menonton Film Porno”

  1. wyd berkata

    jangankan nonton film porno, kalau dihubungkan dengan cuplikan ayat di atas, ikutan spa aja bisa2 haram yah…

  2. meisusilo berkata

    benar sekali mas wyd.

  3. putri nn berkata

    Naudubillahimindalidz semoga Alloh SWT memberi jalan terang dan hidayahnya thd hambanya tsb!!!

  4. bsdboy berkata

    halo meisusilo, blognya top abis.

    aku pengen berbagi cerita nih.

    aku setuju banget dengan artikel di atas. bahkan kalo bisa, produsen dan distributornya dipenjarakan seumur hidup aja :)

    tapi ini nih anehnya. dengan menyaksikan pornografi-terutama di internet/cybersex-aku ngedapetin banyak sekali pelajaran. bukan pelajaran tentang berhubungan sex lho ya. tapi pelajaran tentang:

    1. APA DAN DIMANA SITUS2 YANG BERBAHAYA BAGI ANAK-ANAK KITA
    2. MENGAPA ANAK-ANAK KITA MENJADI PELAKU DALAM INDUSTRI PORNOGRAFI

    di masa kita dulu, orang2 menyewa kaset video dan menonton blue film di kamarnya yang dikunci rapat. dan di masa sekarang, anak2 muda memfilmkan hubungan sexnya di YouTube. dan kalau anda berpikir hub sex tsb adalah hubungan yang ‘biasa’, maka lupakanlah. mereka melakukan hubungan2 sex yang ‘tidak biasa’, yang tidak pernah anda pikirkan seumur hidup anda.

    anak2 kita bukan lagi menjadi ‘penikmat’ pornografi, tapi lebih buruk lagi mereka sudah menjadi ‘pelaku’ pornografi. percayalah karena saya sudah ‘melihatnya’.

    yup, itulah anehnya. ditengah semua fatwa haram diatas, saya justru bisa mendapatkan jawaban W41H(Who, What, When, Where, Why, and How) tentang pornografi. setidaknya saya punya gambaran bagaimana melindungi anak2 saya nanti.

    nice blog, keep up your good work!

  5. zafaran berkata

    na’udubillah, trz gimana caranya supaya tidak selalu membayang-bayangkan yang engga-engga

  6. REZA berkata

    TRIMAKASIH ATAS SEMUANYA

  7. agus berkata

    mlht aurat wanita trmsk zina mata
    trs bagaimana kita mnghindarinya?

  8. fandi illahi berkata

    apa bila seseorang ingin jauh dari zina maka merasa tentram lah hatinya, ingatlah wahai saudarku bila engkau menjatuhkan dirimu dalam zina pastilah hati mu yang damai akan menjadi suram tampa rasa,penuh ketakutan akan kematian,terbayang serta siksa an allah di akhirat,berjuang lah untuk menjauhi zina dan doakan kpd semua umat islam agar bisa terlpas dari setan dan hawa nafsu belaka

  9. rezki berkata

    gw kalo kuliah obgyn selalu liat aurat orang lain tuch..benar melihat film porno sedikit manfaat daripada mudarat ny,apalagi untuk orang2 yg otak ny blm terseting dg baik, dlm artian belum paham benar aturan islam sebagaimana mesti ny,,tapi jangan lah menganggap pembicaraan sex itu sesuatu yg tabu,.inilah yg banyak membuat umat islam banyak ketinggalan dari yang lain..selagi masih dalam batas kewajaran kenapa nga..

  10. Suhendra berkata

    Thanks atas informasi
    blog nya top abiz

  11. nanang berkata

    bagus banget nih informasinya. terus berdakwah yah!

  12. fifi berkata

    saya punya crita.saya knal stus2 web kayak gtu pas klas 3 smp.itupun krn ndak sngaja liat BF d hape tman saya.saya takut dan nyeasel sehabisnya.tapi lama kelamaan saya kebiasaan.kadang saya suka bayangin yang enggak2.Astaghfirullah.tapi saya nggak prnah bangkit birahi seusai nonton BF.

    Saya dpet sesuatu yang brharga stelah nonton BF dan saya selalu hati-hati kalo pilih teman laki2.
    tapi saya pasti ttap brdosa.
    sejak kubaca situs ini,saya sadar bahwa saya selama ini juga melakukan ZINAH.Ya Allah…
    dan saya dapat pencerahan juga kebenaran atas perilaku saya.
    Dari sini saya tahu dan harus lbih hati-hati mmngenalkan internet pada saudara,anak-anak saya dan orang terdekat saya.saya nggak mau mereka ikut-ikutan kayak saya………..

  13. Rizal berkata

    Trimaksh dan alhmdllh sudah bisa gbng di Situs kebenaran ini, smg apa yng sebenarnya benar tetap menjadi benar.

  14. khoirul berkata

    ingatlah kematian wahai saudara ku, ketahui siksa dr prbuatan zina, snantiasa ingat brdzikir kpd alloh, cari aktifitas2 positif. jngan bengong…y alloh aku tlah mnganiaya diri ku,ampunilah aku, sesunguhnya engkaulah maha pengampun maha penyayang (doa nabi musa stlah mmbunuh org brtengkar,Q.S.al-qhasas:16)tnya ustad dlu utk tafsirnx. Surat yg sangat cocok utk dbaca dn trjmahnx,apalagi dbca al afaasy.afwan wa skyukron

  15. rabbani75 berkata

    salam, sibukkan diri dengan hal-hal positif demi masa depan cerah

  16. TOKIMIN berkata

    pemerintah mesti Ngeblok situs itu

  17. Achwand berkata

    apalagi sekarang banyak banget tuh film film horor tapi cenderung Porno…,,jadi males nonton film horor,,mendingan nonton film “emak ingin naik haji”…

  18. abiya'la berkata

    Trims ya. bermanfaat bnget. Semoga Allah mengampuni dosa saya dan muslim semua. Amin

  19. damawan berkata

    hai manusia jangan lah memperturuti nafsu setan yang ada dalam diri mu krna itu akan membinasakanmu, ingatlah allah selalu.

  20. tentrem widodo berkata

    menonton film ataupun gambar porno merupakan pekerjaan ataupun perbuatan yang berdosa. Tentu sebagai seorang muslim perbuatan itu harus dihindari jikalau memang masih ada seorang muslim melakukan perbuatan tersebut diatas maka si muslim tersebut harus mengakui bahwa dia berbuat dosa dan langsung mohon maaf kepada Allah SWT. Orang muslim harus yakin bahwa situs-situs yang menampilkan pornografi adalah perbuatan orang-orang kafir untuk merusak generasi muda islam. Ya… Allah yang maha kuat lindungilah kami dari godaan setan yang terkutuk yang menjelma menjadi orang-orang kafir. Wassalam

  21. yosiee berkata

    wahhh lha kalo sya kuliah pelajarannya sangat menyangkut yang gituan terus gmn donggggg ?????????

  22. Mr.Gaptex berkata

    Iya bener dosa tuh nonton filem porno. Yang belum tobat….segera bertobat yah…
    kalo pengin situs yang ga da pornonya tapi asik en bisa dapet yang gratis-gratis kesini aja yah.
    http://jelajahsoftware.blogspot.com/

  23. Faatin berkata

    iya bener tuh. Sekarang banyak remaja yang rusak moralnya karena menonton film seperti itu. Mau jadi apa bangsa kita kalo penerusnya seperti itu????

  24. kalel berkata

    assalamualaikum, izin share

  25. Dian berkata

    Asslamu’alaikum…
    Syukran artikelnya, jadi tambah ilmu nich…

  26. Dian berkata

    salamnya salah,, nanti berubah arti, aku ulangi
    Assalamu’alaikum

  27. hanya 1 kunci spya terhindar dri sfat ke burukan
    yaitu: shalat lah ……..

  28. andy berkata

    jzklh bung

  29. mujadid berkata

    solusinya hanya satu ,tegakkan syariah dan khilafah untuk menghentikan segala pintu kemaksiatan yang dalam hal ini negara tidak becus membrantasnya.

  30. ebot berkata

    trimaksih saya jadi tahu dan menyesal

  31. emidmy berkata

    Assalamualaikum syukron pencerahannya. ijin share ya. wassalam.

  32. putuhendri berkata

    jujur ya, aq suka sekali klo nonton film porno(dulunya), tapi entah knp kok sulit menghindari film porno sampai sekarang. walapun sudah ga nonton pun, pikiranpun bisa jadi bayangan film porno(ketika melihat cewe pake rok mini+payudaranya besar/ pake pakaian yang ngeliatin setengah dari tubuhnya), jujur aq juga belum nikah. aq dah berusaha g nonton, tapi kadang bayangan pikiran itu selalu ada. di tempat kerjaku saja ada cewe cantik saja bayangan sudah yang porno, temen kerja saja juga bicarain hal2 yang porno. pertanyaannya klo sudah kayak gitu penyakitnya berarti gwa dosa terus2an ya gan? untuk penyembuhan secara pikiran yang seperti aq ungkapkan gman caranya gan? masalahnya masyarakat kita sudah gitu adanya gan, gmn cara nyikapi masalah tersebut? terus terang aq juga kepingin ga gituan, tapi masyarakat kita ya begitu adanya, aq juga sudah sering doa gan.

  33. putuhendri berkata

    sory gan, aq g maksud benerin hal itu, tapi aq lebih ke solusi jawaban di atas. apa faktor belum nikah menjadi penentu? aq juga pingin ilangin penykit itu gan.

  34. syahrulrizalf berkata

    seandainya dari dulu tidak ada video porno!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: