Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang

Kebohongan perkosaan masal Mei 1998 terungkap

Posted by meisusilo pada 23 November 2008

Assalamu’alaikum wr wb,

image Isu pemerkosaan massal atas perempuan Cina dalam Kerusuhan Mei 1998 senantiasa dihembus-hembuskan. Tidak lebih dari berita bohong. Hasil penyidikan FBI akhirnya membongkar kebohongan itu. “Jika sebuah kebohongan terus-menerus diceritakan hingga terdengar luas di masyarakat, maka lama-kelamaan masyarakat akan meyakini kebohongan itu sebagai sebuah kebenaran.” kata Menteri Propaganda Nazi Jerman, Dr Josef Goebels, enam dasawarsa yang lalu. Meski sudah kuno, namun prinsip propaganda yang diterapkan Nazi untuk melibas bangsa Yahudi di Eropa menjelang Perang Dunia II itu masih terus dipakai dan dilestarikan hingga kini. Strategi propaganda ala Goebels ini pun tetap laris di Indonesia dan masih cukup efektif sebagai alat pemukul lawan politik dan ide yang berseberangan. Tengoklah berbagai propaganda hitam yang dikembangkan dengan cara itu. Misalnya, pembangunan opini bahwa Islam sudah tidak cocok untuk zaman modern ini, pembentukan opini bahwa poligami identik dengan kekerasan, pengelabuan bahwa pluralisme adalah kebaikan yang harus diterima dan sebagainya. Tapi, propaganda kebohongan paling dahsyat di Republik ini adalah isu tentang pemerkosaan massal atas para perempuan etnis Cina pada saat kerusuhan Mei 1998. Dengan sistematis mereka meniupkan isu tentang isu perkosaan itu, dengan berbagai cerita di berbagai media, dengan berbagai cara dan sarana, baik di dalam dan luar negeri. Padahal, dengan jelas isu itu sebenarnya dipakai untuk mendeskreditkan Islam dan simbol-simbol Islam.

Kisah Vivian dan Foto-Foto Perkosaan
image Internet menjadi sarana paling hebat untuk menyebarluaskan kisah perkosaan massal itu. Yang paling kontroversial adalah kisah yang konon dialami oleh seorang gadis keturunan Cina bernama ‘Vivian. Kisah itu muncul kira-kira pada pertengahan Juni 1998. Konon Vivian tinggal bersama orang tuanya di lantai 7 sebuah apartemen di kawasan Kapuk, Jakarta Utara ketika diserbu orang-orang tak dikenal saat kerusuhan Mei. Mereka lalu memperkosa Vivian, saudara, tante dan tetangga-tetangganya. Kisah Vivian sangat deskriptif, detail dan menyentuh, sehingga mampu membangkitkan emosi. Majalah Jakarta-Jakarta sempat mengutip cerita perkosaan yang sangat vulgar itu mentah-mentah dalam sebuah edisinya. Dalam cerita itu, dengan sangat kurang ajar, ia menceritakan bahwa orang-orang yang bertampang seram itu memperkosa mereka dengan berteriak “Allahu Akbar” sebelum melakukan perbuatan itu. Caci maki pun berhamburan kepada ummat Islam dan para Ulama. Hampir bersamaan dengan munculnya kisah Vivian, muncul pula foto-foto yang konon berisi gambar para korban kerusuhan Mei di jaringan internet. Beberapa website memuat foto-foto yang luar biasa sadis dan mencekam. Siapapun pasti tersulut amarahnya bila melihat foto-foto yang disebut-sebut sebagai foto kerusuhan Mei 1998 dan korban-korban perkosaan massal itu.

Pemajangan foto-foto di media internet itu telah mengundang emosi luar biasa bagi etnis Cina di seluruh dunia. Mereka menganggap kerusuhan Mei 1998 adalah sebuah operasi yang sengaja ditujukan untuk mengenyahkan orang Cina, dan menyetarakan kasus perkosaan massal atas perempuan-perempuan itu dengan kasuk The Rape of Nanking, saat pendudukan Jepang ke Cina tahun 1937.

Upaya Menelisik Fakta
Para wartawan yang kredibel mengakui bahwa pada saat peristiwa Mei 1998, peristiwa perkosaan memang terjadi. Seorang wartawan FORUM mendapat pengakuan dari seorang anggota Satgas PDI Perjuangan bernama M, bahwa dia dan teman-temannyalah yang menyerbu dan membakar pertokoan di Pasar Minggu. Ia juga mengaku melecehkan perempuan, bahkan beberapa kawannya memperkosa mereka. Tapi menurut dia, korban tidak hanya dari kalangan Cina. “Siapa aja, ada Amoy, ada Melayu, ada Arab,” kata anggota Satgas PDIP itu. Para wartawan pun terus mencoba mengejar dan mewawancarai korban dengan semua petunjuk tentang para korban, tapi hasilnya nihil. Konon semua sudah pergi ke luar negeri dan tidak terlacak lagi. Hanya anak ekonom Christianto Wibisono yang terkonfirmasi sebagai korban perkosaan Mei 1998. Majalah Tempo, dalam edisi pertama setelah terbit lagi juga tak mampu menemukan korban, apalagi sampai berjumlah ratusan. Beberapa wartawan yang melacak lokasi yang di duga menjadi tempat tinggal Vivian dan keluarganya, juga tak menemukan apa-apa. Warga di sekitar apartemen menjawab tidak ada dan tidak pernah terdengar adanya Amoy yang diperkosa saat kerusuhan Mei 1998. Seorang anak nelayan yang pada dua hari jahanam itu menjarah apartemen tempat Vivian tinggal mengaku, jangankan memperkosa, ketemu penghuni juga tidak. Sebab, mereka sudah kabur ke luar negeri.

Soal jumlah korban perkosaan pun menjadi ajang perdebatan seru. Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Kerusuhan Mei 1998 pecah gara-gara bab yang membahas hal ini. Sebagian anggota ingin memasukkan semua laporan tentang adanya perkosaan, sementara yang lain meminta semua di klarifikasi dulu. “Terkesan ada yang ingin memanfaatkan isu ini untuk kepentingan tertentu.” kata anggota TGPF Roosita Noer.
Tengoklah data yang mereka kumpulkan. Dari 187 nama menurut daftar yang dibawa anggota TGPF Saparinah Sadli dan 168 dalam daftar Pastor Jesuit Sandyawan Sumardi, ternyata hanya 4 orang yang berhasil diklarifikasi, yang lain baru qaala wa qiila, alias kata orang. Sementara, 2 (dua) orang korban yang di datangkan anggota TGPF Nursyahbani Katjasungkana ternyata orang gila beneran yang di duga sudah lama. Lucunya, ketika data ini diminta, Ketua TGPF Marzuki Darusman tidak mau membagi data itu kepada anggota yang lain. Dari sisi ilmu statistik, data soal perkosaan massal pun aneh. Misalnya laporan tentang adanya perkosaan jauh lebih besar dari pada laporan tentang pelecehan seksual, di raba-raba dan sebagainya. Padahal, seharusnya menurut statistik, berdasarkan kurva sebaran, pola acak akan selalu membentuk kurva seimbang. Jumlah laporan orang yang diraba-raba saja seharusnya lebih banyak dari pada yang dilaporkan mengalami pelecehan, apalagi yang sampai diperkosa, dengan tingkatan paling berat. Kebenaran kisah Vivian sempat juga dipertanyakan kalangan keturunan Cina sendiri. Mungkinkah si terperkosa, dalam waktu singkat menceritakan hal ini, sehingga cerita ini muncul di internet pada 13 Juni 1998— dan bisa mengendalikan emosi, sehingga bisa menuliskan kisah kesadisan yang dialaminya secara detail? Bukankah hal ini bertentangan dengan anggapan bahwa etnis Tionghoa teramat sangat tertutup dalam hal perkosaan? Setelah menerima banyak pertanyaan soal orisinilitas cerita Vivian, pengelola situs Web World Huaren Federation (WHF), Dean Tse, dalam pesannya tanggal 18 Agustus 1998, minta agar pengirim cerita bisa memberi keterangan lebih lanjut. Namun hingga kini, permintaan Dean Tse belum ada jawaban. Dean Tse pun tidak bisa melacak alamat si pengirim cerita tersebut di jaringan internet.
Belakangan Soekarno Chenata, pengelola situs Web Indo Chaos, juga mengakui foto-foto yang bergentayangan di situsnya, sama sekali tidak otentik. Kepada detik.com, Soekarno mengaku pernah menerima foto sadis yang sempat di pajang di Indo Chaos. Namun ia segera mencabut foto itu dari situsnya karena ternyata foto itu adalah hasil montase dan diambil dari situs porno yang memang brutal.

Terbongkar Habis
Upaya pembuktian telah dilakukan, namun upaya pengaburan dan disinformasi terus dilakukan. Misalnya, ketika fakta bahwa Vivian tidak pernah ada, para agitator itu berdalih, Vivian adalah nama dan alamat yang dipakai dan hanyalah nama samaran. Ketika para wartawan tidak menemukan korban, mereka berkilah soal keselamatan korban. Hingga akhirnya kebohongan itu terbongkar, justru dari AMERIKA SERIKAT, tempat di mana para pembohong itu mengobral cerita untuk menyudutkan kaum Muslimin di Indonesia. Semula, pemerintah Amerika Serikat dengan mudah memberikan suaka kepada imigran asal Indonesia yang mengaku dianiaya dan dirudung kekerasan seksual di negerinya dengan alasan etnik dan agama. Tapi gara-gara kesamaan pola cerita, kedekatan waktu pengajuan, kesamaan alamat dan asal pengaju, dan kesamaan kantor pengajuan, mereka mulai curiga.

Setelah menyelidiki selama dua tahun, pada Senin, 22 November 2004 satuan tugas rahasia pemerintah Amerika Serikat menggelar operasi bersandi Operation Jakarta. Operasi penangkapan 26 anggota sindikat pemalsu dokumen suaka ini dilakukan serentak di lebih dari 10 negara bagian di Amerika Serikat. “Pemimpin sindikat ini adalah Hans Guow, WNI yang dikabulkan permohonan suakanya pada 1999,” kata Jaksa Penuntut Wilayah Virginia, Paul J McNulty yang menangani kasus ini. Para tersangka dikenai tuduhan sama, yakni memalsukan dokumen suaka serta berkonspirasi dalam pemalsuan berbagai dokumen. Awalnya mereka hanya membantu menyediakan dokumen asli tapi palsu. Tapi setelah berhasil mengibuli pihak berwenang dengan memalsukan izin kerja dan nomor jaminan sosial, mereka mulai menyiapkan aplikasi suaka palsu. Mereka juga menyiapkan skenario pengakuan bo’ong-bo’ongan seperti diperkosa atau dianiaya dalam kerusuhan Mei 1998. “Cerita tentang penyiksaan itu sangat seragam karena para pelamar menghafalkan kata demi kata secara persis seperti yang diajarkan,” kata Jaksa McNulty. Mereka pun mengajari kliennya untuk menangis dan memohon dengan emosional untuk mengundang simpati petugas. Lucunya, mereka menceritakan kisah yang sama. Cerita diperkosa supir taksi misalnya meluncur dari mulut 14 perempuan yang mengajukan permohonan suaka sejak 31 Oktober  2000 hingga 6 Januari 2002. “Mereka mengaku diperkosa karena keturunan Cina,” kata Dean McDonald, agen spesial dari Biro Imigrasi dan Bea Cukai Kepabeanan Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat di negara bagian Virginia. Belakangan, Voice of Amerika juga membuat liputan investigatif tentang isu perkosaan massal itu. Mereka keluar masuk berbagai lokasi yang dicurigai sebagai TKP perkosaan massal, dan mencoba mewawancarai berbagai pihak. Tapi hasilnya nihil. Perkosaan memang ada, tapi dengan mengikuti petuah Goebels, fakta telah didramatisasi sedemikian rupa dan dimanipulasi dengan dahsyat.

Wa lahu khairul maakireenn.. …..
Oleh:
Abu Zahra
Disarikan dari:
TABLOID DUA MINGGUAN SUARA ISLAM, EDISI 17, MINGGU III-IV MARET 2007

About these ads

186 Tanggapan to “Kebohongan perkosaan masal Mei 1998 terungkap”

  1. engeldvh berkata

    Cuih………

  2. Meisusilo berkata

    :lol: simas ni lucu banget, napa dibaca kalo gak suka :lol:

  3. Di berkata

    hehehe… meludah kok di sini. berarti emang begitu kejadiannya yach.. :D

  4. cahjapan berkata

    subhaanallah…

  5. Wiewie berkata

    Buka saja mata hati kamu semua, setiap kejadian kerusuhan selalu disertai dengan kebiadaban. Jangan selalu menutup mata hanya karena terpaksa menutupi kekurangan. Negara asal agamamu saja selalu tidak rukun. Selalu saja berada dibalik kekerasan dan kemiskinan.
    Saya hanya ingin berpesan, Buka mata hati kita dan terima kesalahan yang telah kita buat untuk diperbaiki bukan untuk ditutupi.

  6. Wiewie berkata

    Waktu kerusuhan saya juga merasakan saat di jalan menuju rumah, saya hanya bisa berlari karena tidak ada angkutan. Hampir semua orang menatap saya sinis dan sesekali ada yang berteriak “Cina cina …” Tapi untungnya masih banyak orang yang baik (ibu ibu pribumi) yang mau menyembunyikan saya dirumahnya. Ini kejadian sebenarnya yang pernah saya alami.

  7. meisusilo berkata

    Assalamualaikum mbak/mas wiewie yang terhormat, memang tidak bisa kita pungkiri jika kerusuhan mei 98 memang benar terjadi seperti yang telah kita lihat di banyak media, dalam maupun luar negeri. yang menjadi masalah adalah klaim Islamlah yang telah mencetuskan kerusuhan tersebut dan klaim orang Islam yang melakukan pemerkosaan saat itu? mohon dikoreksi jika saya salah, bukannya kerusuhan itu bermula di UKI Atmajaya? klaim Anda tentang negara asal agama Islam yaitu arab saudi sebagai sumber ketidak rukunan, kekerasan dan kemiskinan dengan dasar apa?

    Jujur saja, Mbak/Mas wiewie sebenarnya tidak menyukai Islam atau Pribumi? Menurut saya pribadi, Anda sebenarnya membenci pribumi karena yang melakukan pengrusakan dan pemerkosaan saat kerusuhan itu adalah pribumi, entah itu beragama apa Anda tidak perduli, yang penting pribumi, sedangkan sebagian besar pribumi menurut Anda beragama Islam, benar? jadi seperti penyamarataan?

    Sangat disayangkan jika cara berpikir Anda dan teman-teman dibelakang Anda nantinya seperti itu, tidak heran jika kemudian terbentuk opini bahwa Islamlah yang salah, padahal didalam Islam terdapat bermilyar individu yang berbeda-beda.

    Tentunya saya ikut merasakan pilu dihati, bukan karena saya korban, dan bukan karena saya pelakunya, tapi karena saya adalah seorang warga negara Indonesia dan juga karena saya seorang yang berdarah tionghoa.

    Alangkah baiknya jika tuduh-tuduhan seperti yang sudah-sudah bisa disertai dengan bukti yang akurat agar tidak terjadi pembunuhan karakter.

    Semoga Alloh melimpahkan Rahmat, Rahman, Hidayah dan InayahNya kepada Mbak/Mas wiewie sekeluarga, amin…

  8. king of bandit berkata

    wiwie kenapa kau kok nggak nongol lagi. inilah doktrin yang ada pada semua orang non pribumi (cina).selalu memandang rendah orang pribumi. padahal anda juga ditolong orang pribuni pada waktu kejadian. janga sama ratakan mbak/mas pandangan anda. kita orang pribumi pinginyya membaur dengan sesama, tapi dalam prakteknya di masy. malah non pribumi yang menjauh. kita ambil contoh di UNTAR, hampir 98% mahasiswa/siswi adalah cina. kalaupun orang non pribumi pasti lulusnya sama, lagi contoh…diperush. swasta kenapa penggajian antara warga pribumi dan cina beda walaupun masa kerja dan kedudukan sama mengapa orang mata sipit lebih besar. banyak saya punya teman yang bekerja di perusahaan dan bank milik cina bilang seperti itu termasuk istri saya sendiri.tidak semua orang pribumi jahat yach…dan satu jangan bawa-bawa agama…hal itulah yang memicu adanya kerusuhan mei mbak/mas. jangan sampai ada kerusuhan mei yang ke 2 selama pribumi dan cina bisa berdampingan, tidak ada rasis. itu aja thanks

  9. meisusilo berkata

    Benar sekali yang mas bandit ungkapkan. kerusuhan mei 98 tidak ada sangkut pautnya dengan agama. saya juga tidak mengerti kenapa mas/mbak wiewie tidak memberikan komentar lagi. mungkin penjelasan saya diatas (sebelum mas bandit) bisa membuka hati mas/mbak wiewie. semogalah..

  10. wiewie berkata

    “Kebohongan perkosaan masal Mei 1998 terungkap”
    Kalau memang bukannya menutupi kerusuhan Mei, kenapa makalah cerita ini ada di situs ini yang kanan kiri sarat dengan islam ??
    Dan cerita ini sama sekali tidak sebagai pihak penengah tapi berusaha menutupi saja , ya kan???
    Si mas bandit juga pake acara teror he he.
    Lho kalo perusahaan pimpinannya jawa juga pasti lebih banyak orang jawanya ya kan? contohnya di pemerintahan .

    Udah ah aku nggak debat lagi. capek juga ya nggak ada habisnya hehe. damai aja .

    Sebenarnya aku cuma sedih cerita ini kok nggak sesuai dengan kejadian waktu itu makanya aku emosi . maaf ya bpk/ibu semua.

    :lol: Hehehe, Mas wiewie, saya juga damai deh. Nggak ada yang ditutupi, Saya sebenarnya ingin menjawab komentar si-mas diatas, tapi karena mas nggak mau debat ya sudah, saya urungkan niat menjawabnya.

  11. astra berkata

    Ada link FBInya??? Katanya FBI yang mengungkap…. ayo fair donk mas…jangan sembarangan bikin tulisan tanpa sumber yang jelas…

  12. meisusilo berkata

    Masya Alloh, sepertinya mas astra masih perlu belajar tentang bahasa Indonesia. coba mas teliti ulang artikel diatas, ada nggak sumbernya? kalo masih belum ketemu, saya bantu nih. lihat dibagian bawah artikel, ada tulisan seperti dibawah nggak? kalo masih belum ketemu juga, saya tidak bisa membantu lagi, agak sulit menjelaskannya.

    Oleh:
    Abu Zahra
    Disarikan dari:
    TABLOID DUA MINGGUAN SUARA ISLAM, EDISI 17, MINGGU III-IV MARET 2007

  13. yudha berkata

    udalah jangan berdebat lag, qta uda damai skr & jangan diungkit lagi. Aku setuju dg meisusilo & bandit. we Love Indonesia…………….

  14. w4rl0ck berkata

    love indo, negara tercinta

  15. Juragan Bokep berkata

    (sensored…………..)

    Ya nggak mas – bro – ?!?!

    maunya yang enak-enak aja :lol:

  16. fadilah berkata

    hayoo, qta teriak bareng2,..
    dihitung ya, satoe dua..a… TI…gaaaa…
    MERDEKA!!!!!!!!!!
    Huahahaha,……

  17. Richie berkata

    mana ada yang mau ngaku setelah ia diperkosa / dilecehkan,
    mana ada yang mau mengakui kelamnya sejarah,

    saya bersimpati kepada keluarga korban, apapun hasil investigasi FBI
    kerusuhan 13 – 14 mei adalah saksi kelam sejarah bangsa indonesia.
    saya malu dengan sejarah itu.

    sekarang saya ingin maju bersama2 dengan masyarakat yang lain, tiadakan diskriminasi ras apapun
    junjung semangat sportivitas, dan marilah kita hidup dalam damai. semua orang Tiong hoa, medan, batak, padang, Jawa
    Irian, dll mengalami masa pahit dan berjuang keras untuk hidup mereka. hargailah kerja keras itu jangan meniadakan
    hak – hak mereka hanya karena alasan ekonomi.

    salam,

    Richie

  18. didi_kempot berkata

    semoga kejadian seperti itu
    dijauhkan dari diri kita, keluarga, sahabat dan
    rekan sebangsa dan tanah air…. amin

  19. meisusilo berkata

    Berkata Ibrahim: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan memintakan ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku. [Qs Maryam;47]

  20. idhy berkata

    halah…. emang dasar sebagian besar cina emang gitu..suka memojokkan orang lain diluar kelompoknya… kalo mereka memang warga indonesia, mrk gk akan pasang lagi itu embel2 tionghoanya… indonesia ya indonesia, tionghoa ya tionghoa…

  21. joni berkata

    emang tidak semua tionghoa eksklusif…. tapi kebanyakan sih blagu.. mereka itu (yang blagu) sebenarnya penjajah … makanya pribumi bangkit dong dari keterpurukan… apapun agamanya….
    jangan sperti bunglon…..

  22. lily berkata

    dimana kamu berpijak di situ bumi dijunjung. kamu2 trlalu mengekslusifkan diri di negara orang. klo kamu mau menikmati hidup di Indonesia ya cintai donk Indonesia n berbaur. n ajari anak2 utk menghargai integrasi. saya sering melihat murid2 saya bilang ke saya,ogah gabung dgn temanya yg wanna alias pribumi(Hokkien. padahal saya gurunya jg wanna, sy jd miris, mereka masih ank2. menjadi tugas kita untuk mendidik anak sedini mgkn agar kelak dewasa nt gak jd manusia yg arogan n eksklusif.

  23. meisusilo berkata

    Benar mbak Lily, ada baiknya pandangan anak-anak mulai sejak dini agar diarahkan untuk menerima perbedaan dengan lapang dada. dan itu bukan hanya tugas guru disekolah, tugas kita juga sebagai anggota masyarakat juga berperan penting.

    kita tidak ingin kerusuhan-kerusuhan yang bersifat rasial terjadi lagi di Indonesia yang kita cintai.

  24. China boy berkata

    halo mas joni
    hati2 kalo nulis kalimat
    “belagu” tau ga artinya itu ??
    nepa kok orang2 keturunan china dikatakan belagu ??
    karena dari dulu sampe sekarang orang2 china cenderung suka bekerja daripada bermain2, gitaran, club2 sepeda yang tidak ada guna nya
    kamu cuma iri ama orang china karena ga bisa membiasakan hidup hemat
    jangan dikira orang china lebih cenderung kaya karena hebat, lebih pintar, dll
    orang china banyak yang lebih kaya karena bisa berhemat dan bekerja keras
    apa lu kira orang china hidupnya lebih enak?? dah kerja rajin2 masi di bebani pajak yang lebih memberatkan, belum lagi dijarah sama bajingan2 yang mala2 an itu
    mengenai mei 98, lu ke neraka aja deh yang bilang itu cuma isu bohongan
    that all!!

  25. ahmad berkata

    wah aq gelo….haruse ikut memperkosa..pengen banget ngrasake tubuh pth mulus

    oalah………

  26. Woi berkata

    wah wah mas ahmad ini… nyesel yah ??? btw aq ini Cina jg loh.. Tp aq uda ga terlalu ngurusin mslh ini.. yg ptg idup gw enak aje..

  27. Arief Oce berkata

    ALLahu Akbar. . .

  28. Muh Taufiq berkata

    mas, mbak..kok padu terus ta?? mbokya sudah. gimana kalo paradigma permusuhan kita ubah dengan paradigma damai. membangun kembali negeri ini. jangan salahkan institusi. semua institusi itu BAIK. hanya OKNUM yang membuat citra intitusi itu tidak baik. kalaupun ada institusi yang BURUK, berarti yang perlu kita luruskan adalah OKNUM yang buruk. di dunia ini yang tahu kebenaran sejati cuma Sing Ngecat Lombok saka Ijo Malih Dadi Abang. ora ana gunane padu ngono. wis ayo padha nggolek pangan dhewe.dhewe..ngono ya le…

  29. meisusilo berkata

    yo..yo.. << akur……

  30. vaneer berkata

    Kirain ada hubungannya ama kondisi politik saat ini… maklum, kan lagi kampanye Pilpres nih…

  31. meisusilo berkata

    Kalau nggak salah sekarang yang lagi santer masalah ambalat & manohara, penyiksaan IRT eh TKI

  32. roman berkata

    berjuta kata pengelakan dari kalian semua tidak akan pernah menutupi wajah asli kalian, sejak awal cara berpikir nenek moyang kalian, kalian dan keturunan kalian sudah terbaca dana akan jadi apa kalian semua…. dasar kutu sosial, musuh peradaban, penebar isu, pengintimidasi dan tidak melihat diri sendiri…

  33. Lee berkata

    Rasialisme adalah cermin dangkalnya wawasan, biar kata2 chinaboy terkesan kasar tapi kalau kita mau lihat lebih jernih ada benarnya juga. kita bukan bangsa yang rasis, semua ini berawal dari kecemburuan dan kesenjangan sosial. sejak orde baru, ruang gerak keturunan tionghoa dibatasi, jangankan jadi pegawai negeri atau TNI&Polri bikin KTP aja dipersulit.. intinya untuk bertahan hidup tidak banyak pilihan lain selain mandiri, berdagang dst dan sebagian besar akhirnya menjadi kaya sebagai pengusaha. tidak ada salahnya menjadi pengusaha dan mandiri. sementara kaum pribumi sebagian besar terlena dalam doktrin feodal warisan belanda yang seolah menjadi pegawai negeri dst lebih terhormat daripada menjadi pengusaha/pedagang kelontong dst..

    Saat terjadi krisis tentunya kaum pegawai dan buruhlah yang paling cepat merasakan dampak secara langsung dan akhirnya mudah terprovokasi untuk menyalahkan kaum pengusaha (mayoritas tionghoa) dan akhirnya sekali lagi kaum tionghoa dijadikan kambing hitam oleh orde baru setelah sekian lama ditekan penguasa2 orba.

    Padahal etnis tionghoa turut bersimbah darah memperjuangkan kedaualatan dan harga diri bangsa ini, Gie adalah sosok yg populer karena kisahnya diangkat dalam film, setelah sekian lama pahlawan2 dari etnis tionghoa seolah dikubur begitu saja, tak banyak yg mengenal Laksamana John Lee, Tan Malaka, Menteri Oey Tjoe Tat dan masih banyak lagi hingga masa kini Kwik Kian Gi, belum lagi kalau kita tengok siapa yang mengharumkan nama bangsa ini di All England hingga Olympiade? dan bahkan etnis tionghoa turut menyebarkan ajaran islam di tanah jawa.

    Kalau kaum pribumi ingin bangkit, maka bangkitlah dengan cara yang terhormat, tidak ada yang membatasi kalian untuk maju. keturunan tionghoa sebenarnya tidak ingin meng-eksklusifkan diri, tapi lingkunganlah yang membuat seolah harus begitu, tahukah anda perasaan anak kecil yang setiap pulang sekolah dipalak dan menjadi sasaran kekerasan hanya karena berkulit lebih putih dan bermata sipit? demi Tuhan tidak ada satupun manusia di bumi ini yang sempat memilih ras dan leluhurnya nya sebelum dilahirkan.

    Dan kesimpulan saya, ras adalah salah satu cobaan dari Tuhan, apakah anda akan terlena dan dibutakan dengan kebanggaan semu karena wujud fisik, atau mampu bersyukur atas keindahan ciptaan Tuhan yang beragam dan hingga kini beliau masih mempercayakan manusia untuk terus terlahir dari rahim kaum ibu dari ras apapun. Jika Tuhan masih percaya kita mampu memandang segala sesuatu dengan bijak tanpa peduli dengan mata yang lebar maupun sipit kenapa justru kita sendiri yang meragukan dan membiarkan mata kita menjadi buta?

  34. meisusilo berkata

    Disini, saya sebagai orang awam ingin mengungkapkan apa yang ada di benak saya. sebelumnya mohon maaf jika ada kesalahan kata.

    Menurut saya pribadi, gejolak yang terjadi pada saat kerusuhan mei 98 adalah puncak dari gejolak yang selalu diredam oleh pemerintah. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab pecahnya kerusuhan tersebut, sebut saja masalah kesenjangan sosial ekonomi di Indonesia umumnya. tidak dapat dipungkiri juga, ada gerakan-gerakan politik bawah tanah yang ikut nebeng (^_^ istilah kerennya gitu) pada saat kerusuhan tersebut terjadi. masalah yang terjadi saat itu sangat kompleks sehingga sampai sekarang pun tidak ada yang mau dengan lapang dada mengakui bahwa kerusuhan itu terjadi karena ketidakmampuannya. semuanya saling mencari kambing abu-abu. walaunpun berbagai investigasi telah dilakukan, tetapi hasilnya nihil, tidak ada peradilan sampai dengan saat ini, mana ada yang mau disalahkan, bukan begitu bukan?

    Disini ada benarnya apa yang diungkapkan oleh mr. Lee, tapi ada juga salahnya.
    1. Adalah benar bahwa ada saudara kita (muslim china) yang telah ikut serta dalam usaha memperjuangkan tegaknya Kalimatullah di bumi Indonesia. (laksamana kho peng ho)

    2. Adalah benar bahwa saudara kita (etnis tionghoa) yang ikut mengangkat senjata dalam perang kemerdekaan Indonesia (walau tidak banyak yang terekspos atau sengaja ditutupi).

    3. Adalah benar bahwa saudara kita (etnis tionghoa) ikut mengharumkan nama Indonesia diluar negeri.

    Sayangnya, hal tersebut diatas seperti terkesampingkan karena ada beberapa oknum masyarakat tionghoa yang hidup ditengah-tengah masyarakat yang serba kekurangan dengan gaya ekslusif. jadi bukan keadaan yag menciptakan, oknum2 tersebutlah yang menciptakan. hal itulah yang semestinya dihindari, dia tidak sadar bahwa dia telah meracuni pikiran pribumi dilingkungan tempat tinggalnya bahwa “(maaf) orang cina itu kaya raya, hartanya banyak, tetapi pelitnya minta ampun”. padahal jika ditelisik lebih jauh, ternyata tidak semuanya kaya` dan sombong.

    Satu hal yang perlu dikoreksi, jika anda mengatakan bahwa “kaum pribumi silahkan bangkit dengan cara terhormat”, hal itu perlu dicermati kembali. Faktanya, kaum pribumi selalu dianggap warga dengan tingkat intelegensi rendah. Di perusahaan yang pemiliknya adalah orang tionghoa, selalu saja warga pribumi yang menjadi pekerja kasarnya, jikapun ada yang duduk dikursi “empuk”, pasti (bukannya suudhon ya..) dia memiliki koneksi yang bagus dengan majikannya, tetapi dia harus “jungkir balik” dulu sebelum mencapai kursi tersebut. lha bagaimana dengan peribumi pada umumnya? hal inilah yang secara nyata terjadi saat ini di Indonesia dan ini sudah menjadi rahasia umum.

    Kesadaran berasal dari diri kita sendiri, semestinya kita selalu ingat bahwa kita hidup di bumi titipan Alloh. tidak ada yang abadi, semua pasti memiliki awal dan akhir. menurut saya “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”..

    Mohon maaf jika ada kalimat yang menyinggung, semoga kita mencari rizki Alloh di bumi Indonesia selalu dilimpahi Rahmat, Rahman, Hidayah dan InayahNya serta selalu dilindungi dari bala dan bencana, amin..

  35. Lee berkata

    Terimakasih Mas Meisusilo atas responnya yang logis dan jernih.
    Ketika saya menuliskan kalimat “Kalau kaum pribumi ingin bangkit, maka bangkitlah dengan cara yang terhormat” itu adalah respon dari komentar2 emosional terutama dari saudara Joni dan Roman. karena menurut saya kebangkitan yang dilandasi dengan emosi dan kebencian memang akan menghasilkan kekuatan yang luar biasa namun pada akhirnya hasilnya adalah kehancuran. Dan pembahasan yang berhubungan dengan ras dan agama sangat rawan menyulut emosi bila kita tidak bersikap dewasa.

    Mengenai paparan anda tentang “Faktanya, kaum pribumi selalu dianggap warga dengan tingkat intelegensi rendah”, saya mencoba kembali pada inti paragraf awal saya. bila kita mau menyingkirkan embel2 “tionghoa dan pribumi” maka kita akan mendapati golongan “Enterpreneur dan Pegawai” dan ini adalah mengenai pola pikir dan budaya yang terbentuk dalam keluarga dan lingkungan sosialnya. dengan kata lain bukan karena ada anggapan kaum pribumi lebih rendah tingkat intelegensinya, tetapi karena kaum pribumi yang enterpreneur adalah minoritas.

    Anda benar dan tidak suudhon Mas Meisusilo, memang untuk menempati kursi yang empuk dituntut tanggung jawab yang besar dan terkait pula dengan kemampuan berbisnis yang ulung. dalam hal ini biasanya bakat ini diasah sejak dini oleh kaum pengusaha pada anak2nya. dan mayoritas etnis tionghoa adalah pengusaha (pedagang atau penyelenggara jasa), namun bukan berarti pribumi tidak mampu, tengoklah keluarga Bakrie, Jusuf Kalla dst. dan sangat wajar bila para pemilik perusahaan butuh mengenal lebih dekat kepada siapa dia akan menitipkan usaha yang dirintisnya sekian lama termasuk bagaimana kemampuan seseorang tersebut dalam menghadapi permasalahan, persaingan dan mencari solusi, secara awam akan terlihat seperti kolusi dari koneksi dan menguji kemampuan seseorang juga akan nampak seperti menjungkir-balikkan sang kandidat tersebut.

    Saya juga setuju mengenai “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung” dan saya juga percaya bahwa Tuhan menurunkan manusia ke bumi, tidak sekedar untuk lahir dan mati di jawa, tidak hanya di indonesia, asia atau eropa tapi bumi terbentang luas untuk umat manusia dan kita dipersilahkan untuk menjelajahinya, mensyukurinya dan menjaganya. Islam telah memberikan teladan yang luar biasa dengan ibadah hajinya dimana orang yang tinggal di jawa akan memiliki wawasan dan pengalaman yang lebih hebat setelah melewati negara2 dan kebudayaan yang beragam dalam perjalannya menuju Mekah, dan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China / “Shin”” (ilmu saya tentang kalimat ini tentunya lebih dangkal dibandingkan dengan anda) namun pada intinya bagi saya, orang yang tinggal dekat dengan Mekah pun dipersilahkan menjelajah keluar dan memperluas cakrawala. hingga akhirnya kita pun mampu berbagi dan saling menghargai diatas bumi yang kita pijak dan langit yang kita junjung.

    Saya berada dalam tahap merelakan ras dan dan julukan, saya lebih bangga sebagai warga bumi dan dan bersahabat dengan ciptaan Tuhan disekeliling saya. Kita bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bila dalam forum2 seperti ini kita mau berbagi pandangan dan bertukar pikiran yang tentunya dengan dilandasi niat baik dan kedewasaan.

  36. Pedang keadilan berkata

    Tes

  37. meisusilo berkata

    Saya sependapat dan salut dengan cara berpikir mr. Lee yang terbuka dan merespon tulisan saya dengan tulisan yang lebih santun dan tidak menyudutkan. Semoga Alloh melimpahkan Rahmat, Rahman, Hidayah dan InayahNya kepada Anda sekeluarga, Amin..

    Kebijaksanaan adalah tongkat yang hilang bagi seorang mukmin. Dia harus mengambilnya dari siapa saja yang didengarnya, tidak peduli dari sumber mana datangnya. (HR. Ibnu Hibban)

    Kemuliaan orang adalah agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya. (HR. Ahmad dan Al Hakim)

  38. bony berkata

    tuh khan enak bacanya kalo kaya dialog Mr. Meisusilo dan Mr. Lee. wawasan bertambah tanpa harus make emosi. justru dialog semacam ini yang bisa membelajari tanpa menggurui, tapi justru menyentuh relung jiwa dan membangkitkan kedewasaan kita tentang arti keragaman. Krn Allah menciptakan kita berbeda-beda agar bisa menjadi berkah.. (maaf kalo salah). kayaknya gitu deh… mudah-mudahan dialog semacam ini bisa menjadi budaya Indonesia…

  39. Lee berkata

    Hehehe… iya, semoga menjadi budaya bangsa ini dan kita selalu didalam lindungan Tuhan selama proses ini dan nanti (^_^)Y

  40. Ahmad Karnia berkata

    okeh setuju mr Mei and mister Lee…..gitoo dong….diskusinya…..enak deh … kita yang ngikutin diskusi and berdua……sukses…

  41. mary berkata

    banyak berdoa bwt indonesia….jgn malah menujukan kebenaran…n pembelaan masing2 pihak…tidak ada gunanya sm sekali….yg ada kita tambah berdosa nntnya mengeluarkan statment yg gk2….udh deh yg berlalu biarla berlalu…..rencana Tuhan itu indah pada waktunya….kita jg tau….n kita yakin….klo gk da satu orangpun di indonesia ini yg mau tragedi itu terjadi…tp kita gk pernah twapa dan maksud Tuhan untuk semua ini….sekarang ini kalian semua hanya perlu berdoa terutama buat keluarga….dan bertindak positif…..jgn sampe gr2 stament kita ini di situs ini akan menjadi bumerang bwt kita sendiri…ok….tq n GBU all

  42. raka berkata

    …ada yang mau byarin utang gw ga ya….haduh pusing euy…

  43. utuh berkata

    Hahaha…

  44. utuh berkata

    Kalo org amerika Disenggol orang lain, mereka bilang excuse me, tp kako org indonesia Nabrak org lain, mereka bilang mata kamu dimana????!!!

    Hahahaha… orang indonesia memang orang yang paling ramah tamah…!!!!!!

    Hmmmm… jangan selalu menyalahkan orang lainlah, amerikalah, cinalah, inilah, itulah…

    Hadapi kenyataan, BERUBAH!!!! Jangan menyalahkan org lain utk membenarkan diri… Itu yang harus kita lakukan!!!!!

    Ma’af bung, saya jg merasa kok, sejak kecil sy jg sering di “cina, cinaaaaaa…”

    Udah biasa kale…
    Tapi berfikirlah, sebetulnya itu tidak mengenakkan bagi sy, dan apa saya harus berbaik” hati dgn org yg mengejek saya?
    Logikanya: Tidak kan?

    Walaupun sy jg bynk teman dr kalangan pribumi, dan malah teman akrab sy org pribumi.

    Sy kira adalah KEWAJIBAN dan PERLU ADANYA CAMPUR TANGAN PEMERINTAH untuk memberikan pendidikan ke-Bhineka Tunggal Ika-an, dan jangan malah membuat peraturan yang GAK BENAR! (menurut saya sih.. Tapi coba baca dulu sampai selesai)

    Ma’af juga, kadang” peraturan pemerintah jg tidak meng-enakan orang yg non muslim.
    Contoh:
    Dikota tempat saya tinggal, kalo bulan puasa, tidak boleh ada warung, ato tempat mkn yang buka. padahal kan kita ini Bhineka Tunggal Ika, katanya…
    Bahkan rm utk org yg non muslimpun harus tutup. Lho..? Kalo saya mkn dirumahpun kalo bisa dilarang.
    Siapa yang puasa ya?
    Menurut sy ini pendidikan yg kurang baik dari pemerintah.

    Sy jg pernah merasakan ikut puasa, tanpa makan sahur.
    Dulu, wktu sy ke suatu daerah,
    sy berangkat berdua sopir. Kebetulan saya sampai disana malam, dan besoknya hari pertama puasa, saya dibangunkan sopir, diajak makan sahur, tapi saya masih ngantuk berat dan menolak.
    Eh, ternyata tidak ada satu tempat makanpun yang buka. Bahkan hotel tempat saya menginap-pun tidak menyediakan makanan. Katanya memang pp-nya begitu.
    “Terpaksa” saya puasa hari itu.
    Tapi gpp kok. Biasa aja kaleee..

    Katanya sih untuk menghormati org yg berpuasa…
    Trus, apa org yang puasa TIDAK PERLU menghargai org lain yg tidak berpuasa? (ma’af saya gak tau mnurut ajaran islam harusnya bagaimana)
    Harusnya kan, org puasa itu belajar menahan nafsu, menahan godaan, menahan lapar, walaupun melihat org lain lagi mkn enak.
    Sy jg gak akan sengaja melakukannya didepan org yg puasa kok!!! Gak sampai harus maksa” minta dihargai kok!
    Tapi, menghormati, kan TIDAK BERARTI HARUS IKUT PUASA???

    Ada seorg teman sy.. Dia seorang muslim yg ta’at dan sy sangat menghargai dia. Dulu, waktu Perda dikota tempat sy tinggal masih belum sperti sekarang ini.
    Suatu saat sy jln dengan dia wkt bulan puasa. Kebetulan dia yg bawa motor. Siang, dia mampir ke kerumah makan, dan menyuruh sy makan siang, karena kerjaan kami msh banyak. Walau sy menolak, dia tetap menyuruh sy mkn. Dia melaksanakan sholat, kemudian ngobrol” -sambil menghadapi saya yg sedang mkn siang sementara dia sedang puasa.
    Kayaknya gak ngaruh tuh bagi dia. Itulah seorang Muslim yang bisa menahan nafsu, dan sy kira itulah maksud dari berpuasa.
    Itu menurut sy sih, tp kayaknya nggak tuh, menurut 99,9% DPR dan pemerintah daerah dikota sy yg jumlahnya sekian ribu org. Bayangkan….!!!!)

    Kalo karena melihat orang makan aja ga bisa menahan nafsu makan
    (Plus nafsu mau mukul orng tsb, karena “katanya” org tsb “tidak mengargai”, apalagi dibantu dengan Perda yg mendukung) bagaimana bisa menahan nafsu untuk hal” yg lebih besar, seperti TIDAK KORUPSI padahal kyaknya ada kesempatan nih. 100 jt? 500 juta? Apalagi kalo ada kesempatan, dan nilainya milyard , ato bahkan triliunan.

    Apakah agama lain tdk berpuasa?
    Ada jg lageeeee… Tapi gak ketahuan aja. Ortu sy dulu puasanya lebih dari 30 hari. Dan kalo pagi tidak makan sahur!!!!
    Malamnya, setelah semua tugas yang berkaitan dengan pelayanannya thd agama dan sesama untuk hari itu sudah selesai. (diluar pekerjaan beliau utk urusan kantor)
    baru beliau berbuka puasa. bahkan pernah sampai jam 11 malam!!
    Memang masing-masing berbeda, MENURUT KEYAKINAN-nya. Bukankah begitu?

    Itulah Peraturan Pemerintah yang TIDAK MENDIDIK!!! Hanya membuat suatu Fanatisme yg gak benar.
    Jadi menurut saya Pemerintah jg harus bertanggung jawab untuk menberikan suatu pengertian yang benar kepada masyarakat, dan bukan malah HANYA MENCARI MUKA kpd masyarakat, mentang” penduduknya sebagian besar beragama Islam..
    Hal yg salah harusnya jangan dibenarkan, dan harusnya diberi pengertian bahwa itu salah…

    Salam ….
    Peace….

    by:
    Utuh Bacem

  45. Fajar berkata

    Saya sependapat dengan mr.lee memang negara kita, tidak menganut faham rasialis yang membedakan anatara pribumi dan non pribumi atau keturunan. Tapi oknum tertentu yang kadang menggunakan istilah-istilah tersebut, itulah yang menjadi jarak pemisah dan kesenjangan selama ini.Saudara kita yang keturunan juga banyak jasanya dalam membantu perjuangan negara ini dan kayaknya seperti dikesampingkan, begitu juga dalam mengharumkan nama bangsa ini didunia internasional,kalau tidak saudara-saudara kita yang ketutunan itu mungkin kita tidak dipandang oleh dunia luar.

    Tapi mr. Lee dari sekian banyak warga tsb ada juga yang masih punya anggapan merendahkan warga pribumi, mungkin saja rasa nasionalisnya kurang atau tidak ada sama sekali. Kan seharusnya dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.

    Saya banyak punya kawan warga tiongha tapi mereka baik-baik aja tuh, apa mungkin pengaruh lingkungan saja, masalahnya saya hidup didaerah. Bisa saja kesenjangan itu tidak begitu terasa dampaknya sehari-hari walaupun diantara mereka tidak bisa nyanyi lagu indonesia raya, padahal dia sekolah sampai tamat tetap aja ndak hafal. yang penting kita dapat memakluminya.

    Yang penting sekarang bagaimana kita bergandengan tangan untuk membangun negeri ini agar tidak diremehkan oleh pihak luar dan kita mampu dimata dunia serta dperhitungkan keberadaannya. Oke thank,s

  46. iwan berkata

    MEISUSILO anda orang hebat dan berwawasan islam yang kaffah saya selalu sependapat dengan anda walau saya ga bisa komentar tentang rubrik ini, semoga ALLAH SWT meridhoi dan merahmati anda sekeluarga.

    untuk semua :
    Agamaku berkata Allah menciptakan kita berbeda beda ( suku, budaya, warna kulit dsb) agar kita saling mengenal dan saling menyayangi.

    semoga ga salah ya mas/Bapak susilo

  47. I.S. Chandra berkata

    Perkenalkan, saya adalah orang Indonesia keturunan cina, kedua orang tua saya sangatlah terbatas perekonomiannya. Dari hati yang paling dalam, saya sangat cinta Indonesia walaupun saya keturunan.

    Untuk lebih lanjut, saya deskripsikan kondisi keluarga saya. Secara garis besar, kondisi ekonomi keluargaku sangat terbatas kami hanya memiliki rumah berukuran 3m x 10 m. Saya anak pertama dan ada adik ku perempuan 1 orang. jujur saja, orang tua kami memiliki pekerjaan pedagang kaki lima sejak dari saya TK. kami berjualan bakmi rebus, nasi goreng, gado-gado, ketoprak, keredok di pinggir jalan, untuk para karyawan di salah satu pertokoan yang cukup lama di jakarta pusat. kira-kira mulai dari tahun 1990-2000, berbagai kendala orangtuaku alami karena mereka cuma ber-dua, tidak ada karyawan ataupun pembantu. misalnya, semenjak sekolah di SD-SMA, orangtuaku sering meminjam uang sama para tetangga untuk membayar uang sekolah ataupun untuk mempunyai modal awal. Jadi jika ada untung, maka orangtuaku baru membayar dan dalam hal ini biasaya awal minggu bisa dikembalikan lagi. selain itu, uang sekolahku cukup mahal tapi berkat bantuan dari sekolah dan gereja, saya mendapat potongan cukup besar hampir 30-40%.

    Sewaktu kecil (SD), saya selalu pulang naik bemo ataupun bus kemudian harus berjalan kaki kira-kira 30 menit pada waktu itu.

    Saat berjualan dalam 1 tahun, waktu berjualan yang paling menguntungkan adalah saat bulan puasa karena Ibuku menjual menu baru yaitu berbagai macam kolak. Oleh karena itu saya sangat berterima kasih sekali dengan para pemeluk agama islam. Bukan maksud saya ingin menyingung ataupun memanfaatkan, tapi ini menyangkut aspek ekonomi keluargaku. Dan ku sangat berhutang kepada para karyawan yang menjalankan Ibadah puasa.

    Semasa SMA, nilaiku standar-lah dan aku tetap semangat rajin belajar. walaupun harus pulang jalan kaki setiap hari, mungkin kalau dihitung 4800 langkah atau sekitar 3-4 km. memang selama perjalanan tersebut, apa boleh dikata, pernah di palak ataupun di kepung untuk diambil barang-barang dll. memang sewaktu itu sangat kesal sekali dan ini ku sesali hingga akhirnya ku sadar bahwa Ibuku sangat besar jasanya dalam memberikanku pengajaran secara emosi.

    Kurang lebih 4 tahun dari kelas 3 SMP hingga kelas 3 SMA, Saya belajar namanya bertanggung jawab dan selalu semangat. misalnya, saya harus menyiapkan makan sendiri setelah pulang sekolah dan mencuci baju sendiri (tiap akhir minggu). Karena orang tuaku bisanya pulang jualan sekitar jam 7-8 malam.

    Kebetulan di sekolah ku, biarpun swasta, para guru-guru kami memang ada yang masih merupakan Dosen ataupun pensiunan dari Universitas Negeri ternama.Dan hebatnya lagi semua guru tersebut minimal sudah memiliki gelar master.

    Biarpun mereka beragama muslim, mereka tetap mengajar kami tanpa pandang bulu. Saya sangat berhutang budi dengan mereka semua. Karena jasa mereka, saya diterima di salah satu fakultas di Universitas Indonesia melalui SPMB/UMPTN.

    Selama masa kuliah, saya melihat teman-teman dari berbagai suku, agama, ras dan golongan ekonomi. Saya sangat bersyukur dengan metode pengajaran yang saya terima baik di rumah, di sekolah, di lingkungan masyarakat dan kondisi ekonomi saya. Alhasil, saya mendapatkan berbagai prestasi dan beasiswa selama kuliah sarjana satu.

    Demikian teman-teman saya yang juga saling mengingatkan dan saya sangat bangga kepada teman-teman saya dari UI yang telah sukses mendapatkan pekerjaan di berbagai industri pertambangan, perminyakan dan lingkungan. Dan tentunya mereka juga muslim. Saya banyak belajar dari mereka dan kami selalu saling membantu dan membangun.

    Saat ini saya sangat bersyukur sekali lagi kepada guru-guru, orangtua saya dan kepada Tuhan YME yang telah memberikan saya kesempatan untuk kuliah di eropa dengan beasiswa dari kedutaan untuk program master selama 2tahun.

    Intinya yang saya mau sharingkan adalah :
    1. tidak benar semua orang pribumi itu dikatakan malas, begajulan dan yang negatif!!!
    2. Tidak benar agama islam itu selalu memojokkan orang yang nonmuslim.
    3. Semua itu tergantung dari kepribadian masing-masing dan bagaimana orang itu bersikap.
    4. Jika kita mau maju maka kita harus bisa bertidak dengan cermat, cerdas, tanggap dan tidak mau menyerah.
    5. jaman sekarang workhard sudah ketinggalan, sekarang jamannya worksmart. Oleh sebab itu setiap orang memiliki kesempatan yang sama dari Tuhan untuk menentukan jalan masing-masing.
    6. Ayo kita bangun Indonesia yang telah terpuruk dibandingkan malaysia, Thailand, Brunei darusalam dan singapur.
    7. terakhir, jangan saling menhujat dan saling menjatuhkan, ingat prasangka buruk kita akan menjadi hambatan bagi diri kita sendiri.

    Ayo kita sama-sama berkompetisi, sama-sama menjadikan masa depan negara kita lebih dari yang ada sekarang, hindari korupsi, hindari cemoohan, hindari malas diri. Baik orang cina, pribumi, muslim dan non muslim. semuanya sama dan jika kita mau maju nanti kita akan tampil beda dengan yang lain.

    semoga opini saya ini memberikan kisah positif buat dua kelompok yang mungkin masih sering saling menyudutkan.

    semoga kita bisa menjadikan masa depan dan anak-cucu-cicit generasi kita lebih baik.

    Jadi perlukah kita berkelahi, bertengkar dan saling menjatuhkan?

  48. man man berkata

    numpang yaa..
    Kepada non-pri jangan sombong/ pandang rendah ke yg Pri. Sama2 la.Smua juga tau, non-pri numpang hdp di buminya pri.Kudunya kan bersikap baik.Jangan membeda2kan perlakuan(prusahaan2 cina tu jgn jg ngebedain gaji gt)Temenan la ma pri.Begitu juga yg Pri, membaur layaknya terima tamu yg dtg ke rumah kita.Pri dan non pri saling hormat, menolong.Pemerintah jg jgn mempersulit urusan2 warga non pri.kasian dong.Anyway saya suka pri/non pri.Aku cinta Indonesia….salam kenal!!

  49. jawetDo berkata

    He’eh lo.Dulu saya pernah kerja di prushaan textil. bos cina. gaji lulusan SMA(kalo cina) jauh lebih tinggi dr Sarjana (pribumi).Trus pas ada brita kerusuhan apa gt temen saya yg cina bilang…ITU LA KELAKUAN BANGSA LO..Busyet dah.Gak nyadar dimanana berada nih orang…
    tapi ada juga temen yg baik .dia keturunan cina-Ind (hdpnya sederhana sih)tp kawin ma jawa tulen.Kali karna gak punya tanduk aja ya dia gak sombong kayak cina2 laen??

  50. fauzie_79 berkata

    mas jawetDO, itu mah hanya oknum saja…
    kita mah sepakat dengan mr. meisusilo, mr. lee n mister chandra.
    HIDUP ENDONESA RAYA……

  51. ieda juga berkata

    klo kya gw gmana ya.. gw cina tpi dah pke jilbab.. sedih deh dengerin tmen2 gw yg cina di olok2 tpi sedih jga krna yg olok2 tmen gw yg pribumi.. bela yg mana.. pusingkan !!
    byk saudaramu yg senasib nih.. kita kelempar2 loh!!

  52. Oz berkata

    bukan islam yang memerdekakan negri ini ..tapi islam yang menghancurkannya..INGAT ITU..

  53. agus berkata

    apa bener Yaw kiamat uDah Dekat berikan Alasan Yang Tepat

  54. preambule berkata

    Buat OZ…kayak ga pernah sekolah n belajar sejarah aja loe..siapa yg berjuang mati2-an memerdekakan Indonesia, mereka mayoritas org Islam…belajar sejarah Indonesia lagi ya…biar akhlaknya baik n ga mudah menuduh….peace

  55. amink berkata

    Setuju dengan Preambule…..si OZ kayaknya mau jadi provokator baru nih……

  56. HACK ME PLEASE berkata

    assalamualaikum…

    aneh, kok jadi menyimpang dari topik?
    intinya kan bahwa perkosaan massal itu tidak terbukti, karena setelah diselidiki oleh media & hukum, ternyata si KORBAN dah kabur tuh..! aneh ya..?

    yang lebih mengenaskan lagi pake acara bawa2 agama Islam lah dituduh.
    heheh.. klo LO punya temen DI ATMA Katholik & Univ Kristen Indonesia pada saat kejadian,lo pasti tau kejadiaanya gimana.
    gw yakin lo semua pada tau klo UKI merupakan kampus paling rusuh di Jakarta, dan merupakan salah satu penggerak kerusuhan 1998 Mei selain Trisakti.
    klo ada yang bawa2 nama Islam, sih cuma boong cuy.. orang satu sama lain GAK PADA KENAL KOK…!

    sebelum nya ane minta maaf klo ada pihak yang dirugikan.
    wassalam..

  57. Mr.popo berkata

    Jgn debat yg gak perlu
    ak cm mau buka fakta;(maaf bg yg muslim)wali songo itu terdiri dr 8wali keturunan cina dan cm sunan kalijaga ada yg pribumi,toh jg mereka bs bersatu dan mengharumkan nama islam didunia,ingat jg laksamana ceng ho yg membangun masjid dan klenteng hny berjarak kurang dr 3meter dimadura,mereka rukun.memang byk org muslim yg tdk tau sjarah masuknya islam keindonesia,sehingga mereka jd anti cina.kalian boleh lihat daerah2 yg tertutup untuk cina alias anti cina jd tdk berkembang,tdk ada gedung bertingkat,tdk ada ruko dan mall.karena org cina lebih byk bekerja dr pada berdoa,mereka sukses jg bkn krn merampok atau mencuri,mereka kerja keras lho.jd jgn salahkan cina kalo mereka pny byk mobil,rmh.tp hrsnya kalian pribumi tiru semangatnya agar jg bs sukses.kalian pribumi pny kesempatan lbh bsr lho,kalian pny rmh,tanah,dll tp cm kalian tdk bs mengelola.sedang org cina merantau tdk bw apa2,mereka jd kuli dulu,kemudian mulai berwirausaha kcl tp mandiri bkn mental jd tki yg cm mau jd pesuruh aja.org cina yg sukses,smua berawal dr kerja kerasnya,perjuangannya,semangatnya,jd hargai dong,,
    damai itu indah
    jg NKRI itu jd prioritas utama.
    Ksampingkan kepentingan
    ras dan agama,toh agama jg buatan manusia…apapun agamanya surganya sama,dsana gak ada ktp…
    Trus kalo gara2 agama kita masuk surga,tentunya kita kasihan nenek moyang kita manusia purba yg blm tau agama(baju aja blom tau)jg org2 cacat mental yg jelas gak tau agama,cr berdoa,dll
    jd apapun agamanya,yg penting mengajarkan kebaikan dan tatakrama dan norma dan perdamaian.tentunya itu yg benar.
    Jdlah manusia yg pny norma jgn seperti binatang yg maen pamer taring dan kuku,kita ini manusia,jd ya jdlah manusia yg biadab dan cinta damai

  58. rangga berkata

    Mr.popo…ga’ mau ah jd manusia yg biadab….

  59. arlex berkata

    foto itu mau bnr mau ngk.. kejadian itu bnr ada. banyak perkosaan trjadi.. lagian pada tolol ya, bilg ngerti sejarah.. bilg mayoritas islam yg memerdekakan indonesia? indonesia merdek krn perjuangan bersama. u pikir etnis tionghua yg ada yg ikut berjuang? eh coi asal tau sejarah.. yg membantu menyebarkan islam itu bukan org arab, tapi tionghua muslim.. dr para sunan. sunan itu ada beberapa yg etnis tionghua. mang u kira yg majapahit dan di ganti dengan kerajaan islam demak.. yg menganti itu siapa? ngk tau? yg mengganti itu raden patah. raden patah itu siapa? anak prabu brawijaya dgn seorg wanita muslim china. tololnya.. kirain tau sejarah..

  60. ery berkata

    tolong jangan nodai reformasi dengan isu yang provokasi apapun yang terjadi indonesia tetap milik kita semua

  61. thom berkata

    asyik juga nih….aku punya banyak teman chinese krna aku jg seorang pengusaha, menurut aku…sedikit sekali kok china yg sombong, mgkn itu semua karena sifat iri dan dengki yg menjadi penyakit di hati kita. seharusnya kita belajar dr teman2 china, kita ambil yg positifnya contohnya “kerja keras, hemat, kejujuran, dll”. aku yakin, oknum2 pribumi yg membenci org2 china pasti jarang sholatnya atau gak pernah ngaji…….Rasulullah,SAW pasti sangat kecewa dgn umatnya yg selalu menyebar kebencian tanpa alasan yg Haq….hanya atas dasar emosi. islam itu indah dan damai!

  62. thom berkata

    berlomba-lombalah kalian kepada kebaikan…..bukan dalam permusuhan. teladanilah Rasulullah,SAW yang lemah lembut dalam pergaulan baik kpd kaum muslim umatnya ataupun kepada non muslim, tapi bersikap tegaslah dalam hal akidah. dgn sikap kita sebagai oknum yg emosional maka itu semua akan merusak nama baik islam dan Nabi yg Mulia kita Muhammad,SAW. cintailah Nabi dengan sholawat salam dan menyebarkan senyum kedamaian di muka bumi ini….semoga Rasulullah, SAW tersenyum krn kelembutan dan kebaikan umat-Nya

  63. QWP berkata

    sy ga ngerti sampe sekarang…kenapa di indonesia ini masih aja ada istilah pribumi-non pribumi, warga keturunan, putra daerah/putra asli daerah lah….kenapa ga bilang “SAYA INI ORANG INDONESIA/WARGA NEGARA INDONESIA” mempunyai kewajiban dan hak yg sama atas negara ini…

  64. bay berkata

    betul……betul…betul

  65. babi gonggong berkata

    haiyaa, udah lah urusan dah 11 tahun liwat masih juga terus dibahas.

    owe tidak membenarkan perkosaan apapun alasan nya namun secara jujur owe tidak bisa bilang owe bakal bisa tahan iman dan tidak akan memanfaatkan keadaan kalau semisal owe di taiwan dan punya pembantu tki melayu yang cantik binti bahenol. Arti nya apa? Arti nya yang nama nya laki2 itu di mana2 kurang lebih ya sama, tidak bule/cina/melayu/arab/dll dan tidak pandang agama.

  66. KaNg KiNG KoNg berkata

    ya, saya ini keturunan Jawa – Cina – Dayak – Bugis – Melayu. Kalo upacara Bendera yang di Nyanyikan Indonesia Raya, Warna bendera Merah – Putih, Ktp Original Indonesia, apa lagi toh. Semoga 2010 tidak ada lagi deskriminasi penggajian, harga barang dll hehehehe. Hidup Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa dan Bahasa, Beda agama satu keyakinan Tuhan YME. Bhinneka tunggal Ikka…..Pancen oye…

  67. jaka berkata

    Mari kita tingkatkan rasa persatuan dan kesatuan, bukan rasa perseteruan….ingatlah apa yg telah diikrarkan oleh pemoeda² kita pada tahun 1928, berbangsa satu, bangsa Indonesia, bernegara satu, negara Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia. Pada saat soempah pemoeda diikrarkan para pemuda waktu itu tidak membedakan agama, suku, maupun ras, semuanya adalah pemuda Indonesia. Oleh karena itu kita² yang hidup di jaman sekarang ini marilah kita maknai soempah pemoeda itu dengan selalu bergadeng tangan dengan sesama anak bangsa tanpa mempedulikan suka, agama, maupun ras. Karena kalau kita masih menjadi bangsa rasial, saya yakin dan percaya bangsa ini tidak akan maju², bahkan bisa saja lebih terpuruk dengan adanya kerusuhan² rasial seperti yg terjadi di Rwanda atau negara² Afrika lainnya. Untuk itu saya menghimbau kepada rekan² netters sudahilah perdebatan tentang agama…karena menurut saya agama bukan buat diperdebatkan tapi untuk diyakini oleh pemeluknya masing², begitu juga dengan etnis atau suku bangsa, Allah menciptakan kita dengan beragam suku bangsa, agar kita saling mengenal. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”, jadi karena Allah menciptakan kita bersuku bangsa marilah kita saling mengenal satu sama lainnya dan marilah juga kita saling mencintai. Jadi kalau kita udah saling mengenal dan saling mencintai, maka marilah kita bergandengan tangan untuk membangun negara REPUBLIK INDONESIA menjadi mercua suar dunia. Amin ya rabbalalamin…..

  68. natalinda berkata

    orang cina sih pada belagu semua….. dalam pergaulan mereka sok hebat,sok kaya gitu..padahal elo elo pada mata sipit itu ngga nyadar apa..kl kamu bukan orang asli indonesia.. makanya tau diri lo… ada bagusnya juga kl etnis cina di indonesia ini dibumi hanguskan aja..bikin rusak.. pengedar narkoba, prostitusi, sampai menjual makanan ngga halal kan org mata sipit semua.. minggat lo cina!! kl ngga mau ubah sifat elo yang pada belagu itu!!

  69. Ad berkata

    eh Natalinda, orang uda pada damai elo masih aja jadi provokator…
    elo yang minggat sana!!!

  70. pembelakebijakan berkata

    saya hanya teringat kepada kata mr lee..

    Rasialisme adalah cermin DANGKALNYA WAWASAN, meskipun terkesan kasar tapi kalau kita mau lihat lebih jernih ada benarnya juga. kita bukan bangsa yang rasis, semua ini berawal dari kecemburuan dan kesenjangan sosial

    baca kata2 itu kembali..pikirkan, renungkan, camkan, dan sebarkan!

    gw cina, tapi gw sayang indonesia.. nggak ada orang yang bisa ngatur RAS,ETNIS,SUKU! semua diatur, dibuat, diciptakan, dan akan diambil kembali oleh Tuhan.

    bukan mau sara, tetapi memang sudah lekat pada diri masyarakat bahwa kebanyakan cina itu sombong,nggak mau kumpul,blablabla..bukan begitu, tetapi lihatlah kenyataan yang ada..

    sekitar 1 bulan lalu gw maen basket di sekolah MERLION di surabaya.. jalan hr mohamad. gw enak maen2, eh tiba2 ada anak kecil pribumi yang bilang “cina,cina goblok lempar2 bola lari2 gak jelas, cuma buat masukin bola ke situ..”

    kalo dilihat begini sapa yang salah? gw nggak ngapa2in..eh tiba2 dia nyolot..kalo emang mau maen kan mestinya bisa di ajak bareng2.

    Saya warga cina yang punya banyak teman org pri bahkan saya membutuhkan orang pri..tetapi mengapa mereka begitu? bukankah kita semestinya dapat hidup berdampingan dengan indah dan baik?

    oleh karena itu..taatlah beribadah, BUANGLAH KEBENCIAN KALIAN. Kalo memang mau sukses, kerja keras lah! jangan mengemis,meminta,bahkan memohon, apa lagi sirik. berjuanglah dari nol,gagal 10 kali bangkit 11 kali! (kata Ir.Ciputra)

  71. Battlax berkata

    2 temen SMA sekelas gw diperkosa waktu kerusuhan itu dan 1 orang temen deket gw dibunuh pada hari laknat itu. Belum temen2 gw dari kelas lain gw ga tau, yang gw tau banyak yang langsung pergi ke luar negeri (karena di negerinya sendiri dia terancam dirampok, diperkosa, dan dibunuh). Adik temen gw yang masih SMP kelas 1 (waktu itu) malah dipaksa suruh *maaf* melakukan oral seks sambil digerayangi mas2 yang sering jualan di deket rumahnya.

    Kalau lu denger ceritanya langsung dari korban baru lu bisa tau. Lu kan ga punya temen keturunan Cina, makanya ga tau apa-apa. Cuman bisa baca selebaran sama artikel2 internet berbau agama penebar kebohongan.
    Gw berani bertaruh lu sama sekali ga punya temen orang keturunan Cina yang tinggal di Jakarta sama sekali (terutama JakPus dan JakUt). Jangan banyak omong kalau ga tahu apa-apa. Untung keluarga temen gw yang jadi korban itu ga jadi gila ngeliat anaknya diseret ke kamar buat diperkosa giliran.

    Bayangin kalo itu keluarga lu sendiri!

  72. dharma berkata

    saling menghormati dg siapapun suku dan agama akan membuat negeri ini damai,-
    jauhkan sifat iri dengki apalagi fitnah,-
    karena dunia adalah milik kita bersama,

  73. gecko berkata

    di cari tokek ukuran 3ons…serius…dibeli tinggi…mo pribumi mo luar bumi ga peduli…siap jemput…

  74. Ms. Kiss berkata

    Kok Pertanyaan saya tidak muncul disini yah..

  75. Ms. Kiss berkata

    wah wah..pertanyaan saya di sensor sepertinya..
    karena yang punya blog tidak mampu jawab..
    gimana mau transparan atuh, ada yang ga ke handle dikit langsung tutup2in..

  76. Ms. Kiss berkata

    Halo semua,

    saya baca dari awal sampai akhir nih Blog.
    Seru juga yah..awal saya bisa sampai ke Blog ini karena saya dapat pesan di BB saya, Link yang menuju ke foto2 perkosaan Perempuan China. Dari situ saya mulai telurusi di Google dan sampailah ke Blog ini..

    Saya mau tanya kepada 3 orang yang menurut saya wise saja.
    Bpk. Mei Susilo
    Bpk. Lee
    Bpk. Chandra

    Tolong jelaskan kepada saya beberapa persepsi yang terbentuk di benak saya ‘mengenai Islam’ karena menonton berita/ Internet/ Koran hal2 berikut ini. Mohon ubahkan persepsi saya dengan penjelasan masuk akal, dan please correct me if I’m wrong tentunya..

    1. Warga Islam ingin bangun masjid, ada rumah warga China yang diminta relakan sebagian tanah rumahnya, karena beberapa m2 (meter persegi) harus di buat untuk melebarkan jalanan umum agar mobil bisa masuk ke daerah tempat Masjid itu dibangun. Dengan berat hati si China merelakan tanahnya. Asumsi kenapa dia rela : 1. Toleransi 2. Dikucilkan 3. Tidak nurut, diamuk massa

    Namun, di berita saya melihat : Banyak gereja di bakar di Indonesia. Sudah tidak terhitung jumlahnya. Dan tentu saja, orang Islam/ Pribumilah pelakunya (Kalimat terakhir ini fakta, bukan asumsi saya).

    Saya berpersepsi, banyak warga Islam jadi tidak tahu diri, banyak warga Islam tidak tahu malu.
    Bisa pakai jilbab, pakai peci, pakai sarung, tapi membawa2 senjata, membawa obor, membakar gereja-gereja di Indonesia. Gereja tempat saya pergi ibadah adalah salah satu nya.

    1. Mengapa gereja2 harus dibakar? Kami mengganggu? Kami terlalu keras bernyayi? Kami tidak menggunakan pengeras suara di gereja kami loh..Namun Masjid menggunakan speaker. Kami meminta dana untuk penyelenggaraan gereja pada pemerintahkah? Kami mengajak orang2 Islam ke gereja kamikah? Di gereja kami menjelek2an Anda Islam/ Pribumikah?? APA SEBABNYA?

    Mohon ubahkan persepsi saya untuk kasus pertama ini dengan penjelasan yang bijak.

    Setelah ini akan saya lanjutkan dengan ‘tolong ubahkan persepsi saya’ yang ke-2.

    Terima kasih banyak.

    Kiss

    Bismillahirohmannirrohim….

    Disini saya berusaha untuk tidak menyebut komunitas tertentu dan tentu saja semua berasal dari diri pribadi saya, mohon maaf atas kekurangan saya dalam menjawab dikarenakan ilmu saya yang masih belum seberapa. Saya tidak berharap persepsi Mbak/Mas Kiss berubah dengan penjelasan saya dan semoga Alloh yang maha Rahman & Rahim melimpahkan hidayah dan inayah atas Anda sekeluarga, amin.

    1. Kasus pertama karena toleransinya yang setengah hati.

    Muhammad SAW tidak mengajarkan seorang Muslim untuk berlaku dzalim terhadap orang lain, terlebih tetangga kami. Kami diajarkan untuk memperlakukan orang lain dengan hormat, tidak menginjak-injak harga diri dan agamanya. Hal ini kami lakukan sepanjang orang tersebut menghormati kami dan agama kami sebagaimana kami menghormatinya. Mbak/Mas mungkin perlu sedikit belajar sejarah saat jerusalem ditaklukan oleh Salahuddin Al Ayubi.

    Indonesia itu luas lho jeng, Jangan disamaratakan, buktinya ditempat saya tinggal lebih banyak gereja dibandingkan mesjid dan nggak ada aktivitas bakar-bakar tempat ibadah. Disini pun gereja mendapat sumbangan dari pemerintah daerah setempat.

    Benar Anda mungkin tidak berusaha melakukan yang Anda sangkalkan. Tetapi bagaimana dengan orang lain di daerah Anda atau dibelahan bumi yang lain, Anda yakin mereka tidak melakukan yang Anda sangkalkan itu? Nah Jeng, itu hanya perasaan anda saja.. oh iya, pribumi yang mana yang Anda maksudkan? pribumi terdiri atas berbagai suku dan agama lho, yang jelas dong…

    Dan tentu saja karena kami adalah orang yang beradab dan tahu malu, kami juga berpakaian sebagaimana Anda berpakaian, walaupun model pakaian kami berbeda dengan Anda. Pakaian yang menutupi tubuh wanita-wanita kami lebih bagus modelnya, karena tidak menampakkan lekuk tubuhnya. Hal ini boleh Anda bandingkan dengan pakaian Anda sendiri atau rekan anda dibelahan bumi manapun. memang tidak bisa dipungkiri jika ada sebagian orang yang memodifikasi pakaian-pakaiannya agar seketat pakaian Anda, tapi hal itu sudah jauh melenceng dari aturan yang telah ditetapkan, dan hal ini (sekali lagi) jangan disamaratakan..

    Muhammad SAW berpesan kepada kami :
    Hati-hatilah terhadap prasangka. Sesungguhnya prasangka adalah omongan paling dusta.” (HR. Bukhari)

    Barangsiapa menzalimi orang lain terhadap sejengkal lahan maka kelak dia akan dililit dengan tujuh bumi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Jauhilah kezaliman, sesungguhnya kezaliman adalah kegelapan pada hari kiamat. Jauhilah kekikiran, sesungguhnya kekikiran telah membinasakan (umat-umat) sebelum kamu, mereka saling membunuh dan menghalalkan apa-apa yang diharamkan.” (HR. Bukhari)

  77. meisusilo berkata

    Belon ane approve kali nyah…

  78. meisusilo berkata

    noh diatas udah ane kasi komentar balasan.

  79. irwan berkata

    “mana ada yang mau ngaku setelah ia diperkosa / dilecehkan,
    mana ada yang mau mengakui kelamnya sejarah,

    saya bersimpati kepada keluarga korban, apapun hasil investigasi FBI
    kerusuhan 13 – 14 mei adalah saksi kelam sejarah bangsa indonesia.
    saya malu dengan sejarah itu.” Richie.

    He..he..he… bener mas Richie, mari rame2 kita malu, dg modal malu itu jadikan sgb ‘hutang sejarah’ yg tak pernah lunas, spt malunya bangsa dunia pada yahudi yg harus dibayar seluruh dunia selamanya. Makanya beri konsesi seluas2nya pada mereka, serahkan seluruhnya pada mereka, jadikan 250 juta warga kita ini pangsa pasar (konsumen) brg2 dari RRC secara total selamanya, jadi gak perlu bangun negeri ini selain jadi tempat pemasaran, mati gak boleh, berdaya gak boleh… ini kan program yg dideklarasikan di Singapore 1993?

  80. Anti Reformasi berkata

    Aku seorang pribumi dan seorang muslim mu’alaf dan seorang pendukung terhadap kebenaran adanya pelecehan dan pembunuhan terhadap kaum etnis Tionghoa.

    Aku sendiri mendengar dari kawan saya tentang bagaimana dia hanya melihat dan terdiam ketika massa membakar hidup keluarga etnis tertentu di daerah Sumatera.

    Aku juga mendengar cerita kawan Tionghoa saya yang saudaranya juga dibakar hidup2 di daerah Glodok.

    Yang bikin aku terheran adalah melihat komen-komen orang-orang tertentu diatas yang mengatakan “…ini kejadian sudah 11 tahun lewat, ngapain c harus diributin?” Ya karena salah satunya blog ini yang mengatakan kejadian itu tidak pernah ada. Ya karena orang-orang memperingati tewasnya 4 mahasiswa trisakti tetapi tidak memperingati tewasnya kaum etnis Tionghoa. Dimana letak keadilan disini? Apakah mereka minoritas hingga dipinggirkan secara tidak adil? Baik itu secara agama maupun ras.

    Kalian orang Islam yang mengdiskreditkan orang Cina sebaiknya tanggalkan ke-Islaman anda, karena Nabi Muhammad sendiri mengatakan “Belajarlah sampai ke negeri Cina.” Nabi Muhammad SAW sendiri menaruh respek yang tinggi terhadap negeri Cina. Sedangan posisi mencari ilmu sendiri dalam Islam dapat disamakan dengan jihad. Sedangkal itukah pemahaman terhadap Islam?

    Komen-komen saya ini hanyalah obrolan ketika minum teh, artinya masih banyak sisi yang bisa saya ungkap. Tapi kenapa tidak, karena saya MALAS,MUAK dengan orang-orang seperti pencipta dan pendukung blog ini.

    Saya akan tinggalkan kumpulan beubel ini dengan suatu bahan renungan. Negeri China diambang batas menjadi negara adidaya. Pertarungan mereka hanyalah bersama dengan Amerika Serikat. Dapat dikatakan perang dingin baru akan muncul.Namun karena lemahnya Amerika, banyaknya musuh Amerika, carut marutnya Amerika, Cina akan melenggang menjadi negara Adidaya yang 10 kali lebih kuat daripada Amerika. Mengapa demikian? Karena dimanapun juga ada orang Cina, dan dimanapun juga mereka menguasai ekonomi wilayah yang didudukinya.

    Suatu saat kaum Tionghoa akan mendapatkan balas dendam mereka. Percayalah.

  81. cina berkata

    apaan kalian bilangin cina terus…kalian makan dari mana…ngka ad orang cina kalian ngak bisa makan tuh………….kasihan kalian………

  82. acong berkata

    damai itu indah

  83. eicho berkata

    Bapak Ibu semua, terutama Meisusilo,
    coba kasih tahu saya, apa orang pribumi yang kaya raya juga tidak eksklusif di antara sesama masyarakat yang menderita? gak usah munafiklah….. Anda ngomong gitu mungkin karena anda orang susah. kalau anda orang kaya raya belum tentu anda nengok ke bawah.

    saya pribumi asli. saya dari kecil tahu rasanya hidup melihat sesama saya yang pribumi maupun non pribumi hidup senang2… saya tidak iri, saya tekadkan dalam hari saya, suatu saat saya akan dapat lebih dari mereka.

    sekarang hidup saya lebih baik, saya tidak mau munafik, saya juga senang2, tapi saya tidak acuh terhadap saudara saya yang kesusahan…. saat saya makan di warung,ada anak pengemis datang, saya ajak makan juga. hanya saya tidak mau memberi uang, karena akan disetor ke preman tuh biasanya.

    sudashlah jangan diskriminasikan etnis tionghoa, mereka dapat dari apa yang mereka perjuangkan dengan cucuran keringat kok.

    saudara2 etnis tionghoa, mari tingkatkan lagi semangat yang sudh ada dalam diri kalian semua untuk membaur. hilangkan diskriminasi pernikahan harus sama etnis, cukuplah satu agama dan keyakinan. Supaya hidup kita boleh semakin senang dan bersama…….

    saya melihat dari kasus rasialisme afro america di USA. orang melihat di era sebelum 90-an mereka hidup dengan menderita dan dikucilkan. akses ke semua kehidupan dibatasi. sehingga mereka bisa kaya bila menjadi gangster dan pengedar narkoba.
    tahun 90-an ke atas, penyamarataan ras didengungkan sampai ke afrika selatan.

    tapi apa yang kita lihat sekarang? justru afro america yang mengkhususkan diri. Mereka sering mengadakan perkumpulan sesama kulit hitam dan bila ada kulit putih yang muncul, maka akan dicibir.
    orang kulit putih bisa jadi public enemy bila menyebut : hi Niger……

    tetapi dianggap sah2 saja bila kaum afro america menyebut : hi white man…

    jdi sekarang mari kita telisik ke dalam hati kita masing2 saja….. di posisi mana kita saat ini, sudah benarkah demikian? bila bingung mana yang benar dan mana yang salah, pergilah ke Masjid, Gereja, Wihara, Pura, Klenteng…….. berdoalah kepada Tuhan….. Hanya agama yang bisa mengajarkan kita kebenaran yang hakiki, karena Tuhanlah pemilik kebenaran hakiki itu…
    Jangan mengandalkan andalan pendeta, kyai, ustadz/ah, biksu, dll. BAcalah kitab suci…. temukan sendiri kebenarannya………. manusia bisa berubah dan bisa salah, sehingga pemuka agama belum tentu benar….. Kitab Suci bapak/ibu semua adalah pegangan yang kalian semua percayai berisi Ajaran Tuhan. Bacalah sendiri agar tidak ada salah paham, sambil berdoa… Tuhan niscaya akan menunjukkan KebenaranNya….

    Meisusilo, menurut saya anda harus secara jantan meminta maaf telah mencantumkan tulisan bahwa kejadian itu tidak benar. Dasar tulisan Anda bahwa data itu dilansir dari FBI juga tidak berimbang, tulisan Anda mengutip tulisan dari TABLOID DUA MINGGUAN SUARA ISLAM, EDISI 17, MINGGU III-IV MARET 2007, yang berasal dari pihak yang sama dengan Anda…. berikan sumber lain yang berimbang…… sehingga tidak memunculkan tingkat kepercayaan yang tinggi. Atau sekalian saja Link dari release FBI itu…..

    Benar sekali Meisusilo, jangan kita hanya meributkan ini terus….
    Mari kita bicarakan negara kita yang diteror Malaysia yang sejak tahun 80-an melalui mahatir mohammad mengajak soeharto mendirikan negara Islam indonesia dan negara Islam malaysia.

    Mari kita bicarakan dan berbuat untuk TKI kita yang banyak hidup menderita, tidak digajih, diperkosa, disiksa di negara2 ARAB, Malaysia, Hongkong…….

    Mari kita berdoa agar para juragan mereka yang beragama itu bisa melihat manusia sebagai manusia……

    salam damai

  84. richard berkata

    emang bener kok,pemerkosaan tu ada.
    sampe skg aja pribumi ama cina gak bisa damai,saling sirik..
    dahlah ,harus di akui emang orang cina itu otak dagangnya bagus .
    jadi gak usah pd ngiri,tuhasn uda ngasih setiap orang etnis kelebihan msg2.
    soal agama?
    indonesia emang susah , yang menang pst mayoritas, begitu juga di negara lain.

  85. richard berkata

    aku sendiri ngalamin gmn sulitnya umat kristen bangun gereja padahal pake uang sendiri ,di tanah sendiri,tp tetep di larang2,sedangakn masjid sblh gereja saya boleh bangun sesukanya bahkan minta2 sumbangan?
    susah juga ya pemikiran org2 indonesia..ckckckck

  86. Yth, Bpk/Ibu/sdra/ri……mengapa mesti marah dan benci sesama, kita yg namanya Manusia semuanya Pd MUNAFIK,(TERMSK SAYA YG KOMENTAR INI tpi saya tdk KEMUNAFIKAN),Jgn slalu mengklaim kita yg paling benar,paling bersih, dlm ajaran AGAMA apapun segalanya tlah diatur,Rejeki,Malapetaka dsb, jika itu benar….? maka jika ada Org yg sukses dan lebih maju dari kita berarti adalah pemberian dan kehendakan TUHAN, barang siapa yg “IRI, DENGKI, MARAH, DAN TDK MAU BERUSAHA” maka sekali lagi menentang kehendaknya, TUHAN sendiri tdk memerintahkan dan mengizinkan siapapun, Agama apapun utk menghakimin Orang lain dgn cara apapun, krna disetiap Negara ada HUKUM dan Aparatur NEGARA. jika dlm HIDUP ini kerjaan kita cuma menyalahkan org lain maka selamanya kita terbelenggung dgn PERMUSUHAN, HIDUP hrs KERJA KERAS, DISIPLIN,ULET, HEMAT, KREATIF/INOVATIF, PENGETAHUAN/WAWASAN, PERGAULAN/HUBUNGAN, dan MAU MENDERITA TERLEBIH DAHULU,Punya sedikit KEKAYAAN JGN MAU BELI INI-ITU dan BANYAK ISTRI,(ini sumber penghancur Keuangan), Org SUKSES mendptkannya Bukan dlm sebulan dua bulan atau setahun dua tahun, ttpi berpuluh-puluh Tahunan atas hasil kerjanya, IBARAT: kita seorang Pelajar/Mahasiswa tdk mau belajar dgn baik dan mematuhi Tata tertib sekolah/Kampus dan tak pernah mengejarkan PR/membuat Skripsi apakah bisa naik/Lulus….jelas…1.000 % tdk akan berhasil. Jika ada Org-Org yg hanya menyalahkan etnis Tionghoa….saya akan bertanya…Etnis apa…yg memimpin Republik…ini…? Maju dan Mundurnya suatu Negara atau Perusahaan ditentukan oleh Kepemimpinan/Manajemen itu sendiri…bagaiman Pemimpin tsb…menjalankan/membuat Kebijakannya dgn Baik dan Benar, tdk melakukan Perbuatan yg merugikan(KKN), Contoh: Luas Singapore hanya -/+ 50 km persegi, Cad. Devisanya dan BUMN TEMASEKnya jauh lebih baik daripada kita, Negara tsb, Aman, Damai, Tertib,Disiplin, Makmur dan tempat.2 umum tdk rusakin, dikotorin,dicoret-coret dan dirawat oleh seluruh Komponen anak Bgsnya, ini salah satu contoh yg mesti di Intropeksi diri org.2 yg suka menyalahkan Org lain. padahal Alam dan Hasil Bumi kita jauh.2 sekali dri negara tsb, Contoh lagi tempat Wisata kita adalah yg terindah Alamnya di Planet Bumi ini, ttpi jika tdk dikelolah oleh Swasta…..semuanya Amburadul/kacau/Kotor/tdk Aman…..Jika Org.-Org yg Hidup hanya disuatu Tempat/Daerah/Kota….org tsb blum pernah ke Negara Tetangga….maka Ibarat “KATAK DLM TEMPURUNG” mesti hrs bepergian supaya MATA HATI dan WAWASANNYA terbuka, baru mengetahui yg mana HITAM dan mana PUTIH, suatu Negara manapun tetap memerlukan INVESTOR/PENGUSAHA utk menjalankan/mengerakan RODA PEREKONOMIANNYA, tanpa Pengusaha…bagaimana menciptakan Lap. Kerja dan pemasukan Pajak ke-KAS NEGARA, jika itu semua sdh….maka….siapa yg mesti disalahknan….jelas.2…OKNUM APARATUR NEGARA tsb….bukan…Agama ini, Etnis ini dsb. Jika masih ada Org-Org yg menyalahkan Etnis Tionghao….apakah Org tsb…sdh ikut memberi sumbangsih kpd…Negara dan Bgsnya…?…Jgn hanya bisa cuma memprovokasi dgn TULISAN-TULISANNYA….buktikan dgn Prestasinnya…sprti….Olahragawan, Seniman,Penemuan-penemuan, Membangun Indsutri/Pabrik/Mall/Swalayan/Toko. membuka/menciptakan Lap. Kerja….para Pengusaha ketika membangun Industri bukan cuma dgn Kata-kata atau Doa, tpi perlu Biaya dan Dana yg besar…dan belum tentu menguntungkan, salah urus bisa bangkrut dan Stress….blum lagi hrs mengurus segala Izin yg dipersulit oleh OKnum.2 dan ketika Perusahaan berjalanpun, hrs mengeluarkan biaya-biaya SILUMAN.(Bagi org Awam yg blum pernah menjadi Etnis Tionghao tentu blum Tau bagaimana kesulitan ketika membuka Usaha), bgaimana Org Tionghao bisa bertahan s/d hari ini…maka…bagi yg hanya bisa menyalahkan…coba….belajar dan cari tau….Org Tionghao cara bagaimana mereka bisa menciptakan kesuksesannya, bukan pd prestasinya……jika suatu Tempat/kota yg kumuh dan terbelakang..jika sdh didatangin Org.2 Tionghao maka tempat tsb lambat-laun akan menjadi Maju, dan ke-Negara manapun Mereka pergi slalu disambut dgn Tangan trbuka oleh Pemerintah tsb, Contoh: Di Amerika dan Eropa yg kompetisinya sangat ketat baik di Bid. Olahraga, Pendidikan,Usaha…..Org-Org Tionghao juga…disana juga berhasil dan byk memberi Sumbangsihnya tempat mereka Tinggal,sprti: Wang(Pendiri Komputer Wang Era 80-an),beliau menemukan sotfware yg kemudian dijual kpd IBM, dana tsb beliau gunakan utk memndirikan Perusahaan, dimasa itu Fasilitas utk karyawannya membuat Iri para Karyawab IBM yg lebih baik, padahal penjualan Komputer WANG/OMSET 1 tahun sama dgn penjualan IBM hanya dlm 3 Minggu, Lim Goh Tong ketika membeli Hutan Gunung Ulu Kali yg msh blum terjamah oleh Manusia seluas -/+ 5.000. H di Malaysia(Genting Highlands)yg merupakan Lubung Uang Bagi Kas Negara Malaysia dan Menyerap Tenaga Kerja serta mendatangkan Devisa,dan skrng termasuk salah satu Perusahaan Asia yg menguntungkan, dan Lim Goh Tong walaupun Sukses beliau juga byk membantu Pemerintahan Malaysia dan salah seorang Dermawan yg sering memberi Sumbangan, Loh Boh Siew Imigran yg berusia 12 thn, yg tdk bisa membaca dan menulis,bekerja dibengkel dan sbg Tukang Cuci Bus, Beliau gigih bekerja dan mengumpulkan Uang setelah simpananya cukup, beliau memberanikan diri membuka Bengkel, Peluang yg ditunggu-tunggu itu akhirnya tiba ketika Boh Siew mendpt kepercayaan dari Perusahaan HONDA utk menjdi FRANCHAISER dan agen distribusi serta penjualan motor Merek HONDA, beliau menjual Bengkelnya utk membeli Hak Franchais tsb, menurut kisahnya…..Hak itu sebenarnya akan biberikan kpd seorang saudagar keturunan Arab kaya, tetapi ditolak karna saudagar itu tdk yakin motor buatan Honda akan diterima dipasaran, Loh Boh Siew walaupun kaya beliau juga rendah hati, tdk sombong termasuk org Dermawan. Robert Kwok Raja Gula dri Malaysia juga punya Andil menciptakan Lap. kerja bagi Org byk. Lucio Tan Imigran Miskin dri Fujian setiba di Philipin membeli Radio saja tak mampu hrs merakit sendiri, skrg Beliau termasuk Org sukses/Kaya pemilik Bank dan Pabrik Bir dan mendatangkan keuntungan bagi Negaranya. Walikota diAmerika juga ada org Indonesia keturunan, Bos Gudang Garam berangkat dari Nol…ketika Itu Tjia Ing Hwie bekerja dgn pamannya dikediri, beliau mengumpulkan uang kemudian keluar dan mendirikan perusahaan rokok klau tdk salah mereknya 999 ttpi bangkrut, beliau hrs menangung penderitaan hampir setahun ngangur dan mempunyai anak dan istri yg tiap hari harus diberi nafkah, kemudia beliau kembali bekerja dgn pamanya, dgn giay bekerja dan mengumpulkan uang pd akhir pucuk dicinta ulam tiba, ada sebuah Gudang yg klau tdk salah tempat pemyimpanan Garam pemiliknya adalah org Jawa, kemudia beliau menyewa dan Beliau Tidur dan mengelinting rokok sendiri didlm Gudang tsb. sukses beliau bukan dtng sekejap hrs melalui perjuangan, beliau termsk Dermawan dan bermanfaat bagi Kota kediri berapa puluh ribu Org-Org bertergantung kpdnya baik T. Kerja dan Petani Cengkeh, serta Pemerintah setempat. Tjong Joe asal palembang termsk Org yg membantu tentara Sriwijaya, beliau membawa peralatan perang dri singapore utk pejuang dipalembang. John Lie ia adalah mualim kapal pelayaran Niaga milik Belanda KPM yg kemudian bergabung dgn Angkatan Laut RI. semula beliau bertugas dicilacapdgn pangkat kelasi kelas Tiga. Di pelabuhan ini selama beberapa bulan ia berhasil membersihkan ranjau yg ditanam Jepang utk menghadapi sekutu.
    Ia lalu ditugaskan mengamankan pelayaran kapal yg mengangkut komoditi ekspor Indonesia utk diperdagangkan di luar Negeri dlm rangka mengisi kekosongan Kas negara, pd awal thn 1947 ia pernah ikut kapal yg membawa karet 800 ton utk diserahkan kpd Kepala perwakilan RI di Singapore Utoyo Ramelan. sejak itu secara rutin ia melakukanoperasi Blokade Belanda, Karet dan hasil bumi lainya yg dibawa ke Singapore utk di barter dgn SENJATA. Senjata yg mereka peroleh lalu diserahkan kpd Pjbt Republik yg ada di Sumatra sprti: Bupati Usman Effendi dan Komandan Batalyon Abussamah, Perjuangan mereka bukan ringan karna selain menghindar blokade Belanda, juga hrs menghadang gelombang samudra yg relatif besar utk ukuran kapal kecil, paling sediktnya John Lie melakukanya sbyk 15 kali melakukan Operasi tsb.tpi sampai detik ini pemerintah belum mau mengangkat beliau menjadi PAHLAWAN REPUBLIK INI.(BACA: BUKU MEMBONGKAR MANIPULASI SEJARAH. Oleh. ASVI WARMAN ADAM. diAmerika Pemilik Yahooinc adalah…Jeffry Yang….Edward Tian memiliki kecerdasan gabungan Steve jobs(Aplle) dan Bill Gates(Microsoft) berhasil merentangkan jaringan Kabel berkapasitas tinggi keseluruh Amerika dan Eropa serta Asia. Cang Lin Tien Fisikawan Barkeley yg menjabat posisi rektor Universitas periode 1990-1997. Alex Xu ahli manajemen, Bo Feng rekan Tian kini menjadi pemodal Venture yg dinamis dan msh byk yg lainnya yg dulu menimbang Ilmu di Negara Org lain, hampir 70 % org Tionghao di Amerika bekerja di Bid. Manajerial, Propesional dan posisi kerah-putih lainya. Stali Sin pendiri Acer memulai usaha dri 5 org termsk beliau dan istrinya serta tiga teman pemegang saham, istrinya sbg Cleaning service, Stali sbg tukang Pos dll, skrg termasuk raksasa Komputer Dunia. Pendiri Bangkok Bank Chin Sophonpanich kesemua itu org sukses dan kaya mau dimaanfaati pemerintah dimana mereka tinggal sbg Aseet Bgs dan Negara, ttpi kita msh penuh curiga dan msh terbelengung dgn pola pikir Abad-Abad lalu yg justru membuat Republik ini hancur, sekali lagi kata Bang Ali kita ini Hidup di Abad yg Teknologi. Jika kita hidup dlm keluarga 5 bersaudara, sering ditindas, dilecehkan dan dipersulit suatu hari nanti, maka kita akan pergi dan tdk loyal lagi ataupun pergi mencari tempat tinggal yg baru dan jauh dari penindasan tsb. mari bersatu padu hilangkan rasa Iri, Dengki, Cemburu, kebencian berpedoman kpd PANCASILA dan UUD 1945.

  87. yoseph berkata

    hehehe ga capek loe rusli ngetik segitu panjangnya?? btw orang cina pingin berbaur dengan orang pribumi?? ngayal.. cuma yg ga enak aja yg pingin disamain, misalnya kesulitan urus KTP. orang cina pingin disamain ama orang pribumi, ga dipersulit gitu bro.. tapi giliran yg enak-enak diambil sendiri ama orang cina, misalnya diskriminasi gaji antara orang cina dan pribumi di perusahaan milik orang cina. belum lagi dalam pergaulan.. orang cina lebih suka bergaul ama orang cina sendiri.. mau berbaur?? omong kosong bro.. pesan gue loe orang cina kalo mau berbaur jangan sok eksklusif.

  88. gladys berkata

    yang hobi perkosa tuh orang cina.. mau bukti?? tuh di lokalisasi, pelanggannya kan orang2 cina semua, buat richard.. gimana ga susah?? bangun gereja pake uang sendiri yang asalnya dari judi? judi bola? judi togel? judi balap kuda? orang cina hobi judi.. uangnya buat bangun tempat ibadah? ya susah

  89. Org punya Mobil/Rmh dsb…wajar dong pak Yoseph..sama dgn etnis lain, dikota manapun….Ada Jawa, batak,Padang dll….jika mereka berhasil, pantaslah…. Bapaknya membeli utk Anak dan Istrinya, klau kita tak mampu jgn marah dan jgn Iri…mesti bekerja keras…supaya keluarga kita….dpt sprti mereka, jgn Emosi dan marah Pak Yoseph…Dikota aku Pribumi byk yg kaya dan sukses dan mereka juga punya Rmh/Mobil yg Bagus dan sekeliling rmh dipagar apakah itu disebut Eklusif…tlng…Difinisikan…Pak..? supaya brg-Brg yg mereka beli tdk dimaling org. Bpk Yosefp…jika punya Duit dan punya Rmh bagus, Bpk juga pasti akan melakukan hal yg sama. jika Bpk..Yosefp…punya duit/ kaya mungkin dak tinggal dikolong jembatan atau…tinggal didaerah kumuh…klau Bpk…beli Mobil,Rumah dan menyekolahkan anak bapak dan istri bpk keluar Negeri..apakah itu juga disebut Ekskulif…kita jgn munafiklah…Pak…(saya Juga Munafik tpi tdk kemunafikan)…biasanya Org yg belum sampai pd Levelnya atau belum mampu biasanya suka ngomong muluk.2 seakan-akan dia paling bersih dan suci sering kali bertolak belakang perbuatannya, Bpk Yosef sdh pernah mnjdi Aparat blum…? bagaiman klau…Org Tionghao beurusan dgn Aparatur…apa yg mereka lakukan…?……Byk kok Org…Tionghao dpt berbaur dgn Pribumi dan sebaliknya…saya hanya…memberi gambaran bagi org-org yg Hidupnya cuma…bisa iri, Dengki dan cemburu kpd Org lain, ttpi…biasanya Org tsb…cuma…pintar gomong…tdk..punya..prestasi dan kemampuan…sehingga…pd akhirnya…sebuah rasa kecewa dan pelapiasan….Bpk…Sendiri..apakah…ada memberi Sumbangsih kpd Negara kita….Org bisa Bangun Industri/Pabrik/Mall/Swalaya/Toko.2/Restoran… dsb…apakah juga disebut Eksklusif…alangkaah piciknya Bapak…jika Bpk..punya duit jalan-jalan.2 pak..kenegara tetangga dan Bpk Yosef mesti juga Bangun Industri dikota Bapak bantu pemerintah menyerap Tenaga kerja…dan Kasih Gaji karyawan Tinggi-Tinggi. Jgn punya Duit simpan utk diri sendiri…..baru wawasannya terbuka…jgn ibarat katak dlm Tempurung…Maaf…!!!

  90. Bandar berkata

    Sekedar info, orang2 cina di riau jarang berbaur dgn warga pribumi. Yg lbh parah lagi, mereka punya bahasa sendiri yg digunakan sesama mereka. Cin cou ki oide, ntah apalah bhasanya, gak ngerti saya.

    Lalu rata rata orang keturunan cina di riau krjaannya jualan togel nyambi buka kede kopi gitu.

    Terus gaya nya itu loh ! Memuakan ! Pengen gw tendang aja rasanya. Sombongnya minta ampun. Tapi ingat itu rata2 aj. Ad yg baik jg kok.

    Itu orang keturunan cina di riau ya. Kalau cina padang baek baek orangnya, gampang berbaur, hubngan sosialnya baik dgn warga pribumi, bahkan mereka memakai bhasa minang sesama mereka. Salut gw.

    Semoga semangat bhineka tunggal ika gak pernah luntur. Oce boy ! Oya, SBY Turunlah kamu dari istana negara ! Kami sudah muak !

  91. Maaf…..sedikit nyambung….Pak…Bandar…Jika Org Jawa ketemu Org jawa berbahasa Jawa dipaksa berbahasa Minang mungkinkah…?? Org Batak ketemu Org Batak berbahasa Batak dipaksa berbahasa…Cina mungkinkah…? Org Padang ketemu Org Padang berbahasa padang dipaksa berbahasa Sunda mungkinkah..? Wajar dan pantas merka ketemu mereka berbahasa daerahnya. Pada Thn 60-an..DKI…wktu itu dipimpin oleh Bang Ali Sadikin(Idola Aku)…Pemprov DKI tdk punya Dana utk membangun…Wktu itu Bang Ali sbg Gubernur…beliau..membuka Tempat Perjudian….kemudian Dana Pajak tsb. dimanfaati utk membangun Rumah sakit, Puskesmas, Sekolah dan membangun Jalan-Jalan….beliau pernah diwawancara di Majalah TEMPO “Demi Judi Saya Rela Masuk Neraka”….jika Rep. ini punya setengahnya Gubernur sprti Bang Ali Sadikin maka Indonesia…akan sama dgn Singapore dan Malaysia. Kata beliau kita ini semua Munafik…..jgn sok-sokan…mengutip Ayat-Ayat beragama…org….hanya mencari Popularitas saja….ketika duduk sbg….Pjbt-Pjbt…apa yg terjadi….????? Org berjudi asalkan mrka mengunakan Uang sendiri bukan Uang org lain, tdk merampok, mencuri, melantarkan Keluarga…tdk menjdi sampah Masyarakat…..itu yg terpenting. Mengapa…Hidup dlm Lingkungan Org Tionghao jrng terjadi Kerusuhan, Tawuran, tdk punya kerjaan suka ngurusin masalah Org lain, iri, dengki..inilah sebab-musababnya..ada lagi…jika Hidup dilingkungan Org Tionghao…Kita mau bawa Pelacur atau apapun …tdk ada masalah….sampai ngurusin dilaporin atau Cuci kampung dan jrng ada Preman yg mengangu justru sebaliknya dingangu(terkecuali menjual Narkoba/memproduksi Narkoba) wajar dilaporkan…marilah buka Wawasan kita…jalan-jalan ke Negeri org…Byk membaca…..!!!! Siapapun yg menjdi Presiden Rep. ini saya yakin pasti tdk ada yg sanggup….mengapa hanya menyalahkan Presiden SBY dan meletakkan beban kpd Beliau sendiri saja….? dan.ibarat…sebuah Tong Air…dimana-mana penuh Lobang alias peninggalan/Warisan lama yg susah ditambal-sulam. Jika kita seluruh Komponen Bgs ini mau sama-sama memberi sumbangsih kpd Negara dan Bgs, menghayati Pancasila dan UUD 1945 tdk ada kata Mustahil mnjdikan Rep. Maju, Aman, Makmur, Tentram. Marilah mendidik diri kita sendiri dulu bermoral dan berperilaku yg sewajarnya dan keluarga kita itu yg terpenting dlm hidup. Pd umumnya Masyarakat kita Hidup hanya menutut Hak-Haknya saja…ttpi tdk sadar dgn Kewajiban yg mesti juga seimbang,. dan ingat Agama atau Unsur apapun tdk boleh mencampurin urusan Pemerintahan…..Aparat hrs tegas, tanpa pandang bulu siapa/kelompok apapun yg membuat kerusuhan/Anarki di depan umum Tembak ditempat….yg Korupsi Hukumannya…Hukum Mati…klau kita cuma hanya menyalahkan Org lain….Intropeksi dulu siapa diri kita yg sebenarnya….!!!!

  92. yonniandrianto berkata

    … cuma bisa menghela nafas…

    kenapa masih ada juga aksi2 provokatif & rasisme…

  93. julian berkata

    alangkah lbih baik agama islam di indonesia dibubarkan saja daripada bikin kekacauan karena umat islam cinta perang dan kekerasan….
    . Surah (2) Al-Baqarah ayat: 216

    216. Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

    kemudian pada ayat lain….

    . Surah (2) Al-Baqarah ayat: 244

    244. Dan berperanglah kamu sekalian di jalan Allah, dan ketahuilah sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

    dan yang lain adalah sbb:

    1. Surah (2) Al-Baqarah ayat: 190

    190. Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu…

    2. Surah (2) Al-Baqarah ayat: 193

    193. Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah….

    3. Surah (4) An-Nisaa ayat: 76

    76. Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah…..

    4. Surah (8) Al-Anfaal ayat: 39

    39. Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah [611] dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah….

    5. Surah (9) At-Taubah ayat: 12

    12. Jika mereka merusak sumpah (janji)nya sesudah mereka berjanji, dan mereka mencerca agamamu, maka perangilah pemimpin-pemimpin orang-orang kafir itu, karena sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang (yang tidak dapat dipegang) janjinya…

    6. Surah (9) At-Taubah ayat: 14

    14. Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman.

    7. Surah (9) At-Taubah ayat: 29

    29. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah……

    8. Surah (9) At-Taubah ayat: 36

    36 ..perangilah kaum musyrikin itu semuanya……

    9. Surah (9) At-Taubah ayat: 123

    123. Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa.

    10. Surah (66) At-Tahriim ayat: 9

    9. Hai Nabi, perangilah orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah jahannam dan itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.

    itulah bukti nyata bahwa orang islam mncintai perang dan kerusuhan…
    maka kalau mau aman jangan berteman dengan orang2 islam….
    dan sudah selayaknya agama islam itu dibubarkan oleh pmerintah karena merekalah biang keladi dari kekacauan dan kerusuhan di indonesia ini….

  94. zahrie berkata

    pusing..gini aja, kalau ngerasa di Indonesia ini kalian gak aman.. silahkan pulang ke china sana.. di negara ini kalian hanya numpang cari makan aja, ingat kalian cuma numpang cari makan disini!

  95. zahrie berkata

    JULIAN..! ente hebat amat ya? luar biasa.. luar biasa.. salut..salut..ente pasti ahli sorga ya? islam biang kerusuhan di RI ini ? yang boneng lu? lalu siapa yang jajah RI selama 350 tahun? yang memperbudak rakyat RI? apakah islam? justru yang berjuang memerdekakan RI adalah umat islam..! lalu siapa yg jajah RI? sudah jelas.. penjajah beragama KRISTEN! kamu berotak 10 kali lipat kecilnya dari otak tengu, !!

  96. Daeng berkata

    julian….apa lo gak sadar kalo indonesia bisa merdeka krn rakyatnya berperang melawan para penjajah.mereka para pejuang islam rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan indonesia dari para penjajah. kalo mengutip al-qur,an jgn spotong spotong tapi baca sluruhnya biar loe faham.mending loe tinggal dihutan aja jdi tarzan. kalo loe gak senang dgn umat islam di indonesia sono pergi aja loe ke israel atau vatikan…..

  97. jabon berkata

    petani jabon mampir nich..
    salam…

  98. siippp berkata

    hai “pemerkosa nya” .
    tidak usah bebicara begitu .
    anda sama saja memprovokasi !!

  99. john lenong berkata

    WOY SUDAH-SUDAH ,, KALIAN TELAH TERPROVOKASI ..
    JANGAN MUDAH TERPANCING ..
    SUDAH PADA JEMBUTAN MASIH AJA BERTENGKAR HANYA KARENA HAL YANG ‘HOAX’ ..

  100. pemerhati bangsa berkata

    Orang Pribumi Indonesia adalah Bodoh dan tidak dapat dipercaya.

    Kalian lah yg rasis pada orang Cina.

  101. pemerhati bangsa berkata

    Saya dulu pernah bersekolah di sekolah negeri, disana etis cina sekelas dapat dihitung jari. Disana saya merasa sedikit dikucilkan dan diinjak2. Setiap hri meminta uang yang katanya uang keamanan, kalau tidak dikasih main pukul, mau lawan ga ada dukungan sendirian doank sedangkan mereka main keroyokan. Kalau soal pelajaran nilai kalah, barang qta disembuyikan atau pena kita diambil sbg rasa ungkapan iri hati.

    Bangsa kalain daridulu mudah sekali provokasi dan dipropaganda oleh bangsa lain. Lihat para teroris kalian yang kebanyakan adalah warga negara malaysia, dan lihat bank-bank qta diambil sahamnya oleh bank-bank luar negeri. Negara yang kaya raya akan smber daya alam tapi semuanya diambil oelh warga asing.

    Lihat pejabat-pejabat kita yang tidak punya hati, kerjanya korupsi melulu, mau urus apa-apa uang melulu ang berbicara. Di saat rakyat susah,anggota DPR malah mau buat gedung baru dengan fasilitas mewah dgn mal,spa,kolam renang, mau dikemanain bangsa ini. Setiap hari membuat program-program tidak jelas soal pornografi la, infotainment la, kapan ngurusin kesejahteraan rakyat dan pembangunan.

    Lihat la orang-orang terbaik kita banyak diambil bangsa lain, karena disana keahlian dan jeterampilan mereka lebih dihargai, lihat menkeu kita, lihat atlit2 qta, lihat juara-juara olimpiade qta, lihat ilmuwan-ilmuwan qta, lihat pebisnis-pebisnis qta.

    Kapan kalian mau berubah dan belajar dari masa lalu.

  102. Ace berkata

    Salam damai sejahtera bagi semua
    pertama saya mohon maaf jika ada kata2 saya yang menyinggung bapak2/Ibu yang terhormat disini
    saya menulis ini semata2 hanya karena prihatin dgn apa yang Bapak2/Ibu2 tulis disni
    saya berani dan bangga mengaku saya adalah bangsa Indonesia keturunan Tionghoa lahir dan besar di lingkungan masyarakat Batak Karo, berteman dgn semua suku dan agama.

    Cuma saya heran mengapa bisa ada sebagian org yg begitu benci dan tidak suka dengan suku/ras/agama lain?,apakah karena perbedaan yang ada?,kalau mau dikaji lebih lanjut apakah perbedaan itu?,bukankah dibalik perbedaan warna dan bentuk tubuh semuanya adalah daging,tulang dan darah yang sama2 berwarna merah?

    ada yang benci karena suku ini kaya2 sedang dia miskin,ada yang bilang suku ini sombong,suku itu begitu suku ini begini.
    pertanyaannya sudahkah kita mengenal orang/suku itu lebih dekat?
    katanya suku ini lebih kaya drpd suku itu,sudahkah kita melihat proses bagaimana dia menjadi kaya?
    sering saya mendengar ada yang bilang suku Cina kaya2,tapi saya lihat banyak yg jadi tukang tarik becak,ataupun pemungut sampah.
    mengapa kita hanya bisa melihat keberhasilan seseorg tetapi tidak bisa melihat PROSES bagaimana orang itu menjadi kaya?,mengapa hanya ada prasangka buruk dibalik kekayaan seseorg?,apakah karena iri? (hanya diri sendiri yang bisa menjawab)

    Saya melihat dgn kepala mata sendiri bagaimana perbedaan org cina dgn pribumi
    saat ada kelebihan uang org pribumi suka menghamburkan dgn membeli barang2 ataupun makan makanan yg lbh mahal/baik,pakaian yg lebh baik dll sedangkan org cina uang nya disimpan

    Saat kerja begitu disuruh lembur kerja org pribumi cenderung bersunggut2 dan tidak mau sedangkan org cina malah menawarkan diri untuk lembur dgn harapan dapat uang lembur yg lbh banyak

    Tapi saya tekankan disini TIDAK semuanya sprt itu,banyak juga org cina yang tidak sprt itu dan banyak juga org pribumi yang tidak seperti itu,hanya sebagian yg sprt itu

    untuk yang mengatakan bahwa semua kerusuhan/kekerasan itu org Islam saya pribadi membantah akan hal itu karena dr teman2 saya yg Islam banyak yg baik bahkan lbh baik drpd yg lainnya,saya percaya semua agama itu adalah baik asalkan dipelajari dan ditaati dengan sungguh2 dan benar.walaupun pd kenyataannya banyak ajaran sesat yang berdalih menggunakan agama tertentu yang pd akhirnya menjelekkan agama tersebut.

    Jd inti dari yang ingin saya sampaikan,cobalah memahami seseorang sebelum menilai/menghakimi seseorang seperti pepatah yang berkata “Tak kenal maka tak sayang”

    Konon katanya kita adalah bangsa yang berbudi luhur,ramah,rukun dan ber Bhineka Tunggal Ika (Berbeda2 tetapi tetap satu), apakah nilai ini masih ada di hati kita masing2?

    Saya memohon maaf jika ada kata2 saya yg salah,saya hanya tidak ingin bangsa kita terpecah belah hanya karena keegoisan dr bbrp org/kelompok tertentu,
    Bangsa dan negara ini terlalu berharga untuk hancur demi kepentingan bbrp org/kelompok pribadi
    Bangsa dan negara ini terlalu indah untuk rusak hanya krn kesalahpahaman belaka

    Salam Damai Sejahtera bagi seluruh bangsa/suku/ras/agama di Indonesia

  103. maksum berkata

    masih pada bodoh ya ternyata masyarakat Indonesia.. ga semua sih.. cuma kalo baca komentar2 yang masuk koq sebagian besar tak mengerti arti “Bhineka Tunggal Ika”… padahal kata yang bermakna Berbeda-beda namun tetap satu itu di ambil dari kitab sapa gituh aku lupa (maaf) yang jelas pada jaman kerajaan sebelum Indonesia berdiri….
    harusnya kita teguh dengan semboyan tersebut… kalo pun tetap terjadi perpecahan berarti memang terbukti masyarakat Indonesia bodoh… maaf jika menyinggung prasaan masyarakat Indonesia… saya pun juga masyarakat Indonesia… dan terus memimpikan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” benar2 dapat di pahami dan diterapkan di tanah air tercinta ini… mau jawa, mau cina, mau sunda, mau batak, mau keturunan india, bahkan kalo ada alien pun yang tinggal di Indonesia… mari kita junjung tinggi “Bhineka Tunggal Ika” di tanah Indonesia ini…
    perpecahan hanya akan membuat bangsa kita terpuruk…
    saya meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia jika tulisan saya ini kurang berkenan… damai Indonesiaku. salam dari saya buat semua masyarakat Indonesia…

  104. Maranatha berkata

    Meisusilo, terima kasih untuk informasi yang disajikan. Saya yakin tujuan dari informasi diatas adalah untuk meredakan rasa amarah ataupun sejenisnylah.. Dan sekali lagi saya sangat menghargai usaha anda untuk mengumpulkan data2 tersebut (“good job” kata HANCOCK…becanda). Saya hanya ingin memberi komentar, dari apapun ras kita sudah sewajarnya sebagai anak bangsa INDONESIA HARUS TETAP BERDIRI TEGAK DAN BERANI MENGUBURKAN SEJARAH KELAM DIMASA LALU SERTA MARI KITA WUJUDKAN MASA DEPAN BARU BAGI INDONESIA, DAN SATU DOA SAYA UNTUK BANGSA “INDONESIA AKAN MENJADI INSPIRASI DAN MITRA BAGI BANGSA-BANGSA”.
    Meisusilo,saya dengan senang hati ingin mengajak anda untuk bekerja sama dalam pembuatan projek film yang komunitas saya sedang kerjakan. Tentang INDONESIA BARU…

    Kontak2 yah lwt email..

  105. sukiyem berkata

    sara di indonesia yg tercinta ini akan terus ada dan berkembang, orang cina tetep diangap orang cina walaupun sudah berkewarganegaraan indonesia, bantuan bencana dari pemerintah selamanya bukan untuk orang cina, kalo orang cina mau dibantu bayar dulu kong, engak gitu mati aja sono lu cina, nih contoh nya http://archive.kaskus.us/thread/2528970, cina tetap aja cina biar lu membaur dgn cara kawin sama pribumi, jadi warga indonesia, atau bahkan memeluk agama islam itu fakta yg terjadi sekarang

  106. agung berkata

    Indonesia itu ibarat jalan tol besar, banyak agama, banyak budaya, banyak orang, dan tentu saja banyak masalah. Mungkin setelah kalian semua MATI akan ada generasi yang berwawasan luas, lebih canggih dan berkualitas memimpin bangsa ini secara satu dalam perbedaan, dan perbedaan dalam kesatuan. Jangan khawatir akan nasib bangsa ini sebelum kalian mengkhawatirkan diri kalian sendiri lebih dahulu, keluarga, teman, saudara. Masa lalu hanya dapat dijadikan bahan referensi untuk generasi berikutnya, masa sekarang adalah mendidik anak anak kalian, masa depan mempersiapkan anak anak kita menjadi orang Indonesia.

    jika kalian tidak bisa mengubah dunia, maka setidaknya ubahlah dunia dalam diri kalian

    xie xie, sukron, maturnuwun.

  107. vera berkata

    hehehehehe….
    hehehe……..

  108. Toni berkata berkata

    Pada bego… ngerasa diri paling bener,paling pinter malah gampang diprovokasi..yang kaya gini namanya apa ya…?

  109. vera berkata

    hahahaha….
    haha…

  110. Peace Lover berkata

    Alhamdulillah… disinilah tempat berdiskusi yg benar-benar demokratis..
    Semua rekan-rekan yg menulis disini.. Please, Back to Basic..
    Ingatlah, saat anda lahir kedunia ini, anda tak punya apa-apa, tak tahu apa-apa dan tak bisa apa-apa… Tubuh mungil telanjang bayi baru lahir hanya tahu menangis dan menangis, setelah mengenal tentang dunia yang kecil ini, setelah tahu sedikit tentang suatu ilmu pengetahuan dan tahu sedikit tentang internet, mengapa harus saling bertikai karena merasa paling tahu dan merasa paling benar ?
    Sadarlah, bahwa sesungguhnya, didunia ini memang harus ada yang “berdiri di sebelah kiri” dan satunya lagi “berdiri di sebelah kanan”.
    Karena itu pulalah gambar tempat mencari keadilan di-sketsa-kan seperti timbangan, ada kiri dan ada kanan.
    Karena memang harus begitu, ada yang di neraka dan ada yang di surga.

  111. rasias berkata

    saya tidak suka cina krn bnyk yg belagu dan memandang rendah pribumi . yg namanya numpang tu harus tau diri dan bisa membawa diri dg baik .

  112. yong berkata

    rasias,,,kepala lu tuh yang numpang..justru sifat kalian kasarc n jahat,makanya kami jaga jarak n sombong,,dlm arti cara aman

  113. yong berkata

    indonesia kan bnyak pulau,,1 agama 1 pulau ja biar aman hehehe,,cm usul

  114. saya_bodoh berkata

    anzing goblok pake cuih segala!

  115. asiong berkata

    juliann calon orang pertama yang menempati NERAKA JAHANAM…. orang cina yang belagu dan bikin rusuh sunatin aja terus usirrr ke negaranya yang sumpek biar mampusssssssss

  116. nano_nano berkata

    huuummm.. setelah baca2 dr ataaas kebawah..
    dr thn 2009 ampe 2011 masalahnya bkan perbedaannya,,
    tp pengambilan sikap & pola berfikir yg hrs d ubah,,,
    g semua org cina sombong klo kita berani menyapa mereka dgn baik,,
    apalagi klo d bisnis d tuntut profesionalisme,, & salah bagi kita yg berfikir negatif kpd org lain,, krn mow diakui atau tidak kita saling membutuhkan satu sama lain (prinsip kehidupan)

  117. Iqbal berkata

    ajaran muhamad tidak ada kasih.

  118. Ikhsan berkata

    akhirnya terbongkar bahwa muhamad berumur 53th sewaktu mengawini siti aisyah yg baru berumur 9th. dan karena inilah saya keluar dari islam karena saya masih normal.

  119. Khoirul berkata

    lumpur lapindo, tsunami ratusan ribu tewas di serambi muhamad, gunung meletus, bencana alam tidak berhenti, apa artinya semua ini, karma

  120. Habib berkata

    mr x + khodijah = mr x diam diam naksir istri majikan.
    mr x + aisyah = mr x umur 53 mengawini aisyah baru umur 9.
    pedofla = penyakit kejiwaan menyukai anak kecil.

  121. Malaysia berkata

    Sipadan dan Ligitan telah jadi kepunyaan kami.
    Blok Natuna akan dalam sekejap menjadi properti kepunyaan kami.
    Salam dari Komunitas Internasional.

  122. Atines tobax berkata

    jgn saling tuduh menuduh…dari semua nya itu tuhan yg maha tau…dia tau mana yg benar dan mana yg salah….didunia mana ada penjahat mau ngaku…tp yg jelas…semua perbuatan manusia akan dipertanggung jawabkan kpd sang pencipta….

  123. LOVE N PEACE berkata

    Hebat betul diskusi ini berlanjut dr tahun 2008 sampai 2011…
    Saya keturunan Thionghoa dan istri saya keturunan arab-china-melayu
    meski beda agama, tapi kami saling menghargai dan toleransi, kalau saya kebaktian kadang dia ikut menemani dan juga waktu dia puasa saya ikut menemani, kata ” MENGHARGAI dan TOLERANSI” apakah ada dalam diri kita? makanya saya lihat diskusi ini dr awal ada oknum oknum yg berusaha memprovokasi… Love n Peace…

  124. adi berkata

    sy baca dr atas ke bawah ada yg membahas dg bijak ada yg selalu setuju setiap perkataan org ada yg coba mjd provokator ada juga yg memang provokator namun pd intinya setiap kesalahan yg dituduhkan silahkan dituntut ke hukum yg berlaku dg bukti2 yg kuat dan susah untuk disangkal atau apabila ada perbedaan baik itu mslh agama silahkan adukan ke pemerintah yg berwenang agar dapat solusi yg baik atau mslh pri dn non pri itu semua OKNUM bkn semua….!!!!!

  125. budi bukan anduk berkata

    mau cina, mau jawa, mau arab, mau islam, mau kristen, mau budha, mau kaya, mau miskin, mau cakep, mau jelek, mbok pada paham sedikit ajah tentang arti kata serta makna dari semboyan bhineka tunggal ika….

  126. odang berkata

    jangan terprovokasi dan memprovokasi.yang penting kita melihat kedepan untuk hidup rukun…..setuju ????

  127. Caelina berkata

    saya baca ini dari awal sampai terakhir sebelum saya tulis komentar saya, jujur ada yang buat saya kecewa baca tulisan2 ini semua.

    kenapa sich harus kalian hrs memisahkan pribumi dan non pribumi, apalagi tadi saya baca ada yang mau membumihanguskan orang2 etnis cina, trus juga ada yang bilang kl orang2 etnis cina cuma numpang cari makan disini, mang salah orang2 etnis cina sama anda apa?? kan ga minta makan juga sama anda.

    org2 cina bisa punya hidup lebih baik dari org2 pribumi kan karena usaha sendiri, kenapa hrs disirikin?

    pengusaha cina yang ga mau punya pegawai pribumi, kalian hrs tau apa sebabnya, knp mrk ga mau org pribumi, jangan asal nuduh, kl ga tau sebabnya.

    untuk kalian2 yang mau usir orang cina dari sini dengan berbagai alasan. pikirkan dulu sebelum ngomong, mang ini tempat punya siapa??trus apa hak kalian di tempat ini?

    dan untuk penulis tentang pemerkosaan itu tidak benar, kasih donk sumber2 lain yang menguatkan argumen anda.

    akhir kata, tolong ya…kalau mau berbuat, mau ngomong, pikir dulu, jangan maen ngablak tuh mulut, jangan maen hantem.
    banyak doa deh..biar ga asal2an ngejalanin hidup.

  128. kejam berkata

    permisi nyumbang saran bro 2 semua,
    setiap manusia dibrojolin ke dunia apa bisa memilih bro?? suku jawa, minang, china, batak , bule, dll lah enggak kan.
    berfiikir yang arif bro-bro semua itu menandakan kita wajib terima dengan ikhlas apa yang sudah di anugerahkan pada kita.

    and/……………….. apa agama yang kita anut sekarang hasil dari pemikiran dengan fitrah dan nurani bersih kita ??? atau hanya mengikuti agama dari orang tua yang kita anut tanpa lagi berfikir dengan kebenaran ( klo yakin itu sudah benar dan baik ) silahkan itu pilihan anda.

    manusia punya keyakinan untuk agama, kerja, memilih sesuai hak nya silahkan tapi jangan pernah menyalahkan pilihan dan keyakinan yang berbeda dengan kita itu tidak benar, memang kita Allah,Ajawazalla, Penguasa jagat raya , Tuhan, yang bisa menentukan setiap pilihan manusia lain yang beda dengan kita itu salah. yu mari kita saling berjabat tangan untuk masalah agama masing punya keyakinan silah kan pilih keyakinan anda tapi jangan usik dan jahat dengan penganut agama lain, etnis lain, ataupun suku dan bangsa manapun.

    inti nya bukan saatnya adu debat you dari agama apa, suku apa, bangsa apa,……….. !!!
    bangsa Indonesia buth talenta pemuda yangpunya hati dan pemikiran bersih dan cerdas bro…..untuk:
    - memajukan bangsa ini
    - membabat korupsi yang menyengsarakan rakyat indonesia
    - mengelola dengan dengan baik dan jujur kekayaan negeri ini untuk rakyat indonesia

    Kita butuh sebuah revolusi total bro untuk itu semua, butuh pemikiran anak bangsa jangan sampai next punya Pemimpin MEMBLE ga punya nyali dan visi.

    So salam untuk kesatuan dan persatuan demi Indonesia.!!!! stop rasialisme,,,!!!

  129. SINGA PRIBUMI berkata

    Tentang orang CINA..,
    1. Sejak jaman belanda CINA sudah meng-eklsuif-kan kelompok mereka, dan lebih suka membantu belanda dalam banyak hal dan orang CINA tidak pernah berperan membantu Indonesia (pribumi), dari jaman penjajahan sampai Indonesia merdeka, CINA hanya memetik hasil perjuangan pribumi dan menikmati pasilitas kemerdekaan Indonesia
    2. CINA sangat-sangat-sangat diskriminatif kepada bangsa pribumi Indonesia (berbeda dengan cina-cina di luar Indonesia)
    3. Coba itung-itung, banyak sekali orang CINA ngutang di bank-bank Indonesia dengan nilai milyaran dan triliunan rupiah and dollar, trus kabur dengan membawa uang pinjaman tersebut, ini salah satu kejahatan dari sekian kejahatan ORANG CINA
    4. Contoh nyata : saya punya keluarga menikah dengan orang CINA, dan gara-gara menikah dengan pribumi, hak atas hak warisnya dalam keluarga di HAPUS, ini adalah satu diantara ribuan kisah pilu perkawinan pribumi-CINA
    5. Jadi wajar saja para pelaku sejarah sampai akhir hayatnya tidak mau menasionalisasikan orang CINA jadi warga indonesia, dan ingat baik-baik bahwa indonesia ini pernah akan di jadikan negara komunis dengan bantuan dari orang CINA di indonesia.
    6. Tidak heran, akan tetapi wajar-wajar saja kalau pribumi, sampai hari ini, benci dengan orang CINA dan selalu menggunakan setiap kesempatan untuk melampiaskan kebencian mereka kepada CINA
    7. CINA TETAP CINA….,

  130. damai berkata

    tidak ada gunanya saling iri ,,hina dan sebagainya,,kalau kita seorang bangsa yang bermoral kejadian tersebut tidak akan terjadi . ****UI

  131. Faith Freedom berkata

    Hebat banget ngasi info kacangan ginian
    bah mau nutupin kejelekan yang sudah banyak diketahui publik ya??
    dasar oknum,munafik pula
    udah jelas banyak korban dari kerusuhan itu
    orang sepertimu lah yang membuat negara ini gak maju2
    MUNAFIK

  132. ryanhk416 berkata

    Jangan Lupa, Sobat!

    Etnis itu bungkus!
    Kita sama-sama manusia,
    yang hidup berpijak di tanah air
    yang sama.

    Harta itu anugerah!
    Asal mau berusaha,
    Yang di Atas pasti melihat
    dan memberi rahmat.

    Agama itu cara!
    Tuhan kita satu adanya.
    Beda jalan, satu tujuan,
    biar Yang di Atas yang menilai.

    Yang menjadikan kita manusia adalah CINTA.
    Jangan lupakan itu, Sobat….

    Luar Biasa! Thread ini telah hidup tiga tahun lamanya. Saya berdoa semoga thread ini menjadi rahmat: memersatukan yang terpecah, menyembuhkan yang terluka, menyambung yang terputus.

  133. Joni berkata

    ya sudahlah ini semua, gara2 orde baru, bayangin brp thn tuh, akhirnya keterusan sampe ke anak cucu udah terimage cina itu “jelek”, belagu dan sombong, tp sebenarnya itu mah gimana orgnya, mau org apa juga mau belagu belagu aja, mau sombong sombong aja (emang ga pernah liat orang di luar cina yg kaya gitu? banyak gan), nah terus kemudian……. diskriminasi pengurusan data seperti akte lahir, ktp, dll, mau liat contoh yg kongkrit KTP liat aja nomornya, trus tanya deh org kelurahan ini pri atau non pri, mereka pasti tau, ya inilah kita bangsa yg dijajah sama belanda (coba dulu yg jajah Inggris, pasti ga gini deh critanya), ya udah hayoo. yg Cina dan pri kita bukan lagi kaya gitu HAYOO BERUBAH …

  134. NAGA CHINA berkata

    Buat Sdr SINGA PRIBUMI : pikiran luh cetek, skrg gua mau tanya saat ini bangsa apa di muka bumi ini yang menguasai ekonomi, ya bangsa cina, bodoh !!! USA negara super power aja sudah kalah sama Cina, Nah kalo elu punya pikiran kaya gitu cetek bangetttttt, ga level banget lu bicara di sini, kalo sdr lu kawin sama Cina trus ga kbagian warisan, itu mah masalah pribadi kalee (siapa suruh kawin sama china), soal komunis thn 65 ?? dulu itu mah politik, bego amat lu ya udah reformasi gini masih bisa diboongin, masalah kontribusi org cina?? banyak lageee, lu ga baca dari awal yah dialog ini? tau ga Tan Malaka, Laksamana John Lee, Laksaman Cheng Ho, pemain bulu tangkis Rudi Hartono, Liem Swie King, Christian hadinata, Alan Budi, Susi Susanti, dll nah itu org mana bro? (emang mereka penjahat apa?) , wah bener emang ga level lu, Soal utang bank ?? ga usah china org mana juga bisa utang, kalo soal “ngemplang” mah semua org bisa kaya gitu asal ada kesempatan (termasuk elu, blm pernah sih jadi pejabat), trus pengakuan org cina untuk dinasionalisasikan ? wah parah dari awal gua udah bilang bangsa apa yg menguasai ekonomi dunia saat ini? kalo bangsa ini ga mau ngakuin ya rugi lageee, tp sih kayanya yg lain pd pinter deh pasti sdh ngerti, kayanya lu doang deh yg ga nyambung, nih bro gua kasih tau ya kalo mau comment2 pake otak bro, jgn emosi, biar ga diketawain org, Dan paling akhir gua kasih tau seandainya gua nonton pertandingan Thomas Cup/ Uber Cup, Indonesia VS RRC, gua tetap jadi suporternya Indonesia, gua org China lahir, makan, berak, bahkan mati ya di sini, gua tetap cinta Indonesia krn saudara2 & teman2 gua campuran, n gua bergaul tdk liat asal usul org, asal asyik gua bergaul, gitu bro ga kaya lu sdh tolol, bego, sok pinter, sory bro gw kasar spy lu tuh sadar weleh…. weleh…..
    Dear all : sory sy tulis spt ini, tidak ada maksud lain, sy cuma ingin MR SINGA PRIBUMI itu terbuka pikirannya…… I LOVE INDONESIA

  135. Ryou berkata

    untuk saudara SINGA PRIBUMI : Om coba anda periksa lagi kejahatan” yang ada….apakah semua pelarian uang dan semua kejahatan itu semua di lakukan orang cina?????coba anda periksa lagi di web” berita…..

    dan untuk anda semua ketahui 1x lg…..manusia itu ada yang jahat dan yang baik…….tanpa melihat etnis,ras,agama,dan suku

    semua kejahatan itu di dasari oleh sifat dengki,cemburu,angkuh,sombong, dan semua yang di ajarkan setan yg ada di hati manusia……
    dan jika anda semua bertengkar di forum ini gimana Indonesia ini mau maju…..bahkan lambang Indonesia (Burung GARUDA) tidak mau melihat anda….dia lebih memilih lihat ke samping…..hahahaha

  136. Ryou berkata

    hahahahaha betapa bodohnya manusia yang menghina agama…. memank ada kabar mereka yang melakukan pemerkosaan sambil berteriak “Allahu Akbar” tetapi ingat mereka sebenarnya bukan ISLAM…….tetapi ajaran sesat yang mengunakan nama AJaran suci itu untuk di jadikan kambing hitam…

    for julian: saya memank bukan islam dan saya adalah keturunan tiong hua….tapi dari ayat” di atas….saya sudah mendapatkan intinya….tidak sadarkah anda dengan semua kata” tersebut????berperang yang dimaksud adalah melawan segala sifat jahat manusia itu sendiri…dan melawan setan” dan “kaffir dan musrik” adalah orng” yang menghina agama dan melakukan kejahatan sesamanya…jd kaffir dan musrik bukan lar agama lain….dan saya pernah mendengar 1 kalimat dari ajaran ISLAM..”Kasihi dan lindungi lar Umat Agama minoritas di sekitarmu”

    jadi segala teroris dan semua yang melakukan kejahatan dengan membawa nama Islam…itulah yang temasuk Kaffir dan musrik……

    untuk zahrie dan daeng : sungguh pendek pemikiran kalian…..kalian berpendapat seakan” agama lain tidak ikut dalam memperjuangkan kemerdekaan INDONESIA…..apa kalian tau???di Medan ada vihara 5 pekong???? yaitu 5 saudara yang bersama” seluruh rakyat Indo di medan berjuang melawan Penjajah…..dan akhirnya mereka di tangkap dan di bunuh…apa mereka tidak berjuang????apakah mereka Muslim????

    dan jika etnis Tiong hua hanya menumpang???mengapa ada kata Bhineka Tunggal Ika????bukan kah itu yang membuat Indo menjadi tempat tinggal banyak etnis yg ada????

  137. Ryou berkata

    two thumb for Ryanhk416 pemikiran anda sungguh terbuka salut……..

    sebenarnya menurut saya……..tragedy G30spki,tragedy 1998 dan yg lain

    adalah sifat sombong warga negara Indonesia yang telah menang melawan penjajah..jadi mereka merasa hebat….

    padahal saya percya tidak ada satu pun dari mereka yang ikut dalam tragedy di atas itu,ikut berjuang melawan penjajah…..
    mereka hanya sombong dengan hasil yang di perjuangkan oleh pahlawan” dan mereka merasa menjadi yang terkuat karena dapat mengalahkan penjajah…????

    dan mereka lupa akan satu hal….saat berperang melawan penjajah yang membuat Indonesia menang adalah Satu Kesatuannya….
    y itu deh setelah berhasil semua ribut memperebutkan hasil kemenangan…..

    percaya tidak percaya hanya orang bodohlar yang selalu menjelek”an orang lain dan merasa paling benar…
    sedangkan orang bijak selalu melihat segala kebaikan dari semua unsur yg terjadi

    dan di indonesia masih banyak orng” bodoh maka terjadilar tragedy 1998 dan debat saling menghina seperti di atas…….(termasuk ane)
    dan salut kepada orng” di atas yang sudah terbuka pemikirannya dan menjadi lebih bijak sehingga tidak ikut dalam aksi saling hina
    hahahahaha

  138. Kwe Fan berkata

    Intinya mah benar kata Emak = Manusia Itu Sebenarnya Hanya Ada 2 Tipe = BAik Dan JAhat
    JAdi Tergantung Orangnya, BUkan Agamanya Atau Rasnya
    Peace All : )
    note. Saya Salah Satu Keturunan Tionghoa Yg tinggal DI Indonesia : )

  139. mudah2an kasus pemerkosaan itu terungkap… dan pelakunya mendapt hukuman dari tuhan dan dari negara… amin

  140. Kwe Fan berkata

    Lagipula kita Tidak Bisa Berkata Ada / Tidak
    sedangkan Kita Saja Tidak Melihatnya Langsung, Iya toh?

  141. MUHAMMAD berkata

    Buat Asiong : kalo elu mau usir kita, gw tanya emang berani pemerintah ini mengusir orang cina? tuh kokoh NAGA CHINA sdh kash tau siapa bangsa China sekarang, kalo andaikata org China dipulangin ya ga masalah, lebih enak di sono kok negaranya udah makmur ga ada pengemis, ga ada teroris, ga ada koruptor, soal tau diri org China di sini ya gua rasa NASIONALISME elu sm org China yg di Indo blm tentu, contoh : skarang mau buat apa2 org sini minta komisi, gimana mau maju, HAI ASIONG PIKIR LAGI BICARA !!!!!! GA ADA CHINA DI INDONESIA BAKALAN NEGERI INI AMBRUK, PERCAYA NGGAK??????? coba elu diskusikan sama org2 pinter & pakar2 ekonom (lu jgn diskusi sama yg model kaya elu, ga ketemu, elu kan tolol), nyengir deh smuanya………………..

  142. jurig cinta damai berkata

    Salam kenal semuanya..haha…. Bnyk yg komen nih, stelah aku baca, dari Si A,B,C sampai 100.. Aku jd bingung.. Emh… Gini aja.. Setelah baca kita kita pejamkan mata sebentar… 3..2..1.. Oke kita buka mata kita.. Pikiran kita.. Kita sama” makan nasi bukan…? Kalo iya… Berarti sama.. Ga usah beda-beda kan…oke.. Salam damai…

  143. enry berkata

    sayang yah kalo diskusi yg bagus…dihancurin mah orang2 yg berotak cetek..

  144. enry berkata

    masalah gaji di sebuah perusahaan,semua entrepreneur punya paham yg sama….seberapa besar andilmu dan seberapa rajin kerjamu untuk perusahaan pasti digaji sesuai dengan apa yang kau berikan….mau perusahaan barat,asia,atau dimanapun,mau contoh..coba kamu kerja di bakrie yg milik pribumi,kau tidak punya kepandaian,malas br\ekerja,cuma bisa mengeluh….apa gaji mu akan besar?????pikirkan kan lah

  145. Putra Garuda berkata

    Panjang ya ini posting komentarnya dr tahun 2009 sampe 2011..hebat berati pemikiran bangsa kita dah semakin maju..wawasannya sudah semakin luas…bisa bahas topik dari scoop kecil di buka lebar kemana-mana sampe nyasar ga tau kemana…sampe ga bisa balik lagi…salute saya sama kalian semua. Ada orang bijak berkata Masa lalu ada lah guru yang paling baik maka belajarlah dari masa lalu..masa depan adalah cita2 maka raihlah masa depan..sekarang adalah anugrah. di artikan sendiri artinya. Yang penting sekarang adalah kita bangun indonesia jadikan bangsa ini bangsa yang maju dan kuat melawan arus globalisasi..tanpa harus mengorbankan tradisi dan sopan santun yang ada. Jadikanlah perbedaan sebagai semangat untuk membangun negeri ini.

    Maaf bila ada salah2 kata..dr pada jadi provokator mending jadi deklamator …menyemangati untuk memajukan bangsa.

    assalamualaikum…shaloommm.

  146. dicky berkata

    dari komentar2x yang saya baca ada yang sok bener, ada yang sok pinter, ada yang sok jago, dll, saya adalah etnis keturunan cina, hidup didaerah kebayoran lama, hidup saya tenang tenang aja , aman , damai saling bahu membahu bahkan berberapa adiik saya menikah dengan orang setempat. bagi orang keturuanan kalo komentar jangan asal ngomong , begitupun yang pribumi ( mulutmu adalah harimaumu). , bahkan adik saya yang paling kecil jadi PNS di lngkungan kota tangerang.

  147. saya baru baca nih, thanks ya atas infonya

    jauhkan sikap rasis, itu penting untuk saling membangun Indonesia
    MERDEKA!!!!!

  148. sinta berkata

    perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, namun perjuanganmu akan lebih susah karena melawan bangsamu sendiri (kata seorang tokoh sejarah yang saya kagumi).
    yang rukun yuk…kalo salah ngaku salah…kalo sudah ya terus kita bangun bangsa menjadi lebih baik…

  149. Nicolaz berkata

    Gak usah cerita islam lah.Islam adalah agama.Tapi pelakunya agama islam,seperti teroris.Bhkan kerusuhan tragedi mei. Pake bntal tdr anda.Dan letakan ke dua tangan anda didada anda.Renungkanlah

  150. ayu diah berkata

    ckckck

  151. sylvi berkata

    aq bermukim di jakarta terlahir dari papa tionghoa jakarta en mama pribumi sunda bandung. aq lah contoh anak pembauran. heeeee……..

  152. moe berkata

    HAIIIYYYAA . . . . Olang china licik , Olang china suka bohong

  153. seni wayang golek berkata

    duh segitu pade sewot!!!.mmmmmmm dah makan bareng aja yukkk????hehehehehe.kan enak kenyang rame2.hehehe.

  154. rusly berkata

    halo smuany,bapak2 n ibu2..g ikutan ramein ya..seru bget ini blog.tambah wawasan aj,wlaupun trdapat bbrapa komen yg kasar.tp ttap hrs kt hargai smua pndpat,krn ssuai dgn pham dmokrasi kt.asalkan jgn ampe ricuh aj.sjujurny g sgt prihatin bgt am korban2 krusuhan 1998 itu wlaupun g org pribumi/jawa tp g bs rasain prasaan para korban.stlah g bc komen2 dr anda smua d atas,byk yg mngatakan bahwa org2 cina byk blagu,sombong,tidak maw brgaul sma org pribumi.sbnarny mmang ad btulny jg slma ini kt slalu dijauhi n dpndang sbgai musuh yg hrs slalu dhindari.tp sikap mrka yg sprti itu tntu dlandasi dgn alasan.sudah mnjadi rhasia umum bahwa org2 pribumi slama ini slalu trlibat dlm tindakan kriminalitas,kasus pncurian,premanisme,pmerkosaan,pnjambretan,korupsi.hal yg mana sudah kt ketahui mrupakan buah karya dr org2 pribumi.dr fenomena sprti ini tntu sj sudah mnjelaskan kpd kt smua mngapa org2 cina brusaha mnjauh dan mmandang rndah kt.mrka branggapan brgaul sma org2 pribumi hnyalah akan mrugikan.dan trnyata bkn org2 cina sj yg mmandang rndah kt.d malaysia,singapur,brunei jg dmikian.mrka anggap org indon trutama yg pribumi sbagai pncuri,pmbuat rusuh,n tdak dsmbut dgn baik.justru org2 cina indon yg bkrja dsini lbih dsmbut dgn baik.cb byangkan,kt smua taw bhw mayoritas pnduduk malaysia,brunei,singpur,kbnyakan adlah etnis mlayu yg scara ras mmpunyai ksamaan dgn ras pribumi indon tp knapa mrka bs brsikap dmikian pd kt?g bs brkata dmikian krn g alami sndiri pahitny khdupan d negeri jiran.khdupan dsini sgt jaoh brbeda dgn khdupan d indon.prselisihan antar ras nyaris tdak prnh trdngar.inilah ngara hebat..

  155. klo km mau keadilan
    kamu harus memperjuangkannya

  156. Anonymous berkata

    nyimak dari atas ampe bawah *cape juga* :)

  157. nama berkata

    tl;dr

  158. Dire Wolf berkata

    ya itulah, manusia dan semua nya sama. Ras manusia emang lemah kompak nya, bandingkan sama setan atau jin mereka gk memandang bentuk fisik dan warna kulit dalam kekompakan dan perdamaian mereka. memalukan!!

  159. ikuti berkata

    tambahan: semua agama maksud dan tujuannya benar ajaranya, hanya sebagian/tertentu/kebanyakan orang yang bikin jadi kebelinger *geleng-geleng*

    fact : meneriakan kalimat2 di agama, sehari-harinya ada yang nerobos lampu merah, berbohong, tipu-tipu dikit, ga patuh aturan lalu lintas, sabetan kanan kiri di kerjaan dan masih banyak lagi

    lebih baik lempengin diri dalam bersikap

  160. Rizali Alwiyah Posumah berkata

    saya orang manado, ayah saya bersuku minahasa dan ibu saya campuran arab, mongondow, gorontalo. sebagai bagian dari bangsa Indonesia saya mengakui orang-orang tionghoa di indonesia tidak pantas disebut non-pribumi lagi, karena tionghoa seperti suku-suku lain juga di indonesia yang sudah bercampur-campur dari beberapa ratus tahun yang lalu. orang-orang jawa keraton adalah keturunan orang-orang arya india yang kawin dengan orang jawa, lalu kemudian kawinlagi dengan orang arab dan cina. raja demak saja (raden patah) ibunya adalah selir dari putri kerajaan china. sunan ampel adalal pangeran dari kerajaan champa (sekarang wilayah thailan dan kamboja). jadi kalo anda ingin mengusir warga keturunan china sekalian kalau berani usir tuh keturunan keraton jawa.. anda saja yang ngak suka orang cina mungkin saja punya kakek seorang penjajah belanda, jepang atau ingris dan portugis.

    jadi tidakadayang perlu diributkan dan dipertanyakan lagi dengan sebutan non-pri dan pri. kita semua ini pribumi, yang lahir besar berbahasa dan mati di indonesia,walaupun memang kita punya identitas masing-masing dari suku asal kita. seperti saya yang lahir, besar dilingkungan adat mongondow tentu tahu bahasa mongondow sebagai bahasa ibuku. manado tempat aku kuliah akupun tahu bahasa manado, dan bahasa indonesia sebagai bahasa bangsaku juga au tahu, tapi kalo bahasa english, batak,jawa, china, padang, palembang, meksiko, rusia, dll aku ngak ngerti,,, maap yah,,,

    dan satu lagi, ngak usah bawa-bawa agam, di sini di manado banyak china muslim, malah mereka lebih taat dari orang-orang yang ada dikampung arab kalau soal beragama…

  161. aasass berkata

    mana ada maling yg mo ngaku cok !!!

  162. Ivan Hardiyanto berkata

    Hadeh..pada goblok semua yg disini..
    Belajar sosiologi dulu sana..
    Di bumi ini gak ada istilah pribumi.. Yang ada itu siapa yg datang duluan & siapa yg datang belakangan..
    Yg dtg duluan merasa pribumi & nganggap yg belakangan itu pendatang..

  163. Kucing berkata

    Manusia…..
    Selalu berusaha terlihat benar…..
    Kadang sejarah pun dibengkokan demi pembenaran diri…..

  164. WONG CILIK berkata

    WASPADA AKAN WEBSITE INI DIPAKAI UNTUK ADU DOMBA OLEH SUKU QURAIS, ANTEK KOMPENI.
    SERAHKANLAH PADA GUSTI ALLAH SANG ADIL BIAR BENCANA ALAM CEPAT DILAKNATKAN PADA MANUSIA BERHATI SETAN

    SALAM ADU ROSO

  165. damai berkata

    jangan ribut………………..
    urus diri kalian masing”
    ALLAH maha tahu
    smoga para kafir yg selalu menghina islam di berikan kesadaran.
    karena islam damai
    hanya orang bodoh atau setara dengan hewan yg selalu memojokkan agama dr pda individu itu sendiri.
    bagi orang” non muslim harap kaji dulu semua ajaran islam bru anda boleh koment.
    catatan:semua ajaran mengajarkan kebaikan tetapi orangnya saja yg membuat keburukan.jd saya mohon salahkan orangnya jngan agamanya.

  166. Moh Rifky Setiawan berkata

    Etnis Tionghoa pada awalnya adalah pendatang dari luar negeri,dari negara China,pada saat generasi pertama mereka datang ke Indonesia.Pada saat itu China adalah sebuah negara yg sangat miskin&sengsara,lebih miskin dari Indonesia.Sebuah negara komunis yg sangat menutup diri dari dunia luar,sangat sedikit pengaruh dari negara luar yg didapat,negara tanpa agama(seperti Korea Utara pada saat ini).Pada saat itu pemerintah China sangatlah kejam terhadap rakyatnya,memaksa rakyatnya untuk bekerja keras,kemudian harus menyerahkan semua hasil kerjanya kepada pemerintah.Oleh sebab itu kemudian penduduk China menyebar ke seluruh penjuru dunia,termasuk ke Indonesia.Setelah sampai di tanah yg baru&mendapatkan kesempatan mencari nafkah di tanah yg baru,seharusnya etnis Tionghoa bisa bergaul&membaur dengan penduduk lokal,saling bantu-membantu dengan penduduk lokal,tdk bersikap diskriminasi terhadap panduduk lokal.Tetapi pada kenyataannya,mayoritas etnis Tionghoa tidak bisa bergaul&membaur dengan penduduk lokal,mengeksklusifkan diri,menganggap derajat mereka paling tinggi dibandingkan dengan ras lain,sehingga membuat etnis Tionghoa bersikap diskriminasi yg semena-mena terhadap warga pribumi.Situasi ini telah berjalan ratusan tahun,dan siap meledak sewaktu-waktu seperti bom waktu.Dan puncaknya adalah kejadian Mei 1998.Setiap kejadian pasti ada hikmah yg bisa diambil,yg bisa membuat kita berintrospeksi diri,supaya kejadian Mei 1998 tidak terulang lagi dimasa yg akan datang.Pembauran itu indah,karena dapat membuat bangsa&negara kita tambah maju.Sudah saatnyalah semua ras yg hidup dibumi pertiwi ini bersatu,dan bersama2 membangun bangsa ini supaya bangsa kita lebih disegani oleh negara2 lain dimasa yg akan datang. Bravo Indonesia !!!!!!

  167. AAN berkata

    PRETTTT

  168. putra melayu berkata

    Intinya adalah di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kalau di Indonesia ini orang cina tetap menonjolkan atribut kecinaannya, bergaul secara ekslusif, dan memandang rendah kaum pribumi, sebaiknya cina dibumihanguskan dari wilayah Indonesia.

    Cina makin angkuh dan berkuasa di Indonesia seperti berdirinya Yayasan Tzu Chi dan yayasan cina lainnya, berdirinya taman budaya tionghoa di TMII bahkan lebih megah dibandingkan anjungan2 pribumi, dll.

  169. mutia rahma berkata

    ya allah………

  170. dje band berkata

    h h h h..udah lah g usah pada kya gitu intinya kta itu sama…apa yang kita inginkan coba?kdamain dan kmakmuran kan?..cobalah kita berlapang dada nggk usah saling mnjlek jlekan org lain atau ras lain..dan jgn mncri2 kslhan org laen karna kita sndiri blm tntu bnar..
    Yg pnting kita saling mnghormati menghargai satu sma laen..dan jangan bawa bawa agama…agama t sbnrnya sama.cuman trgantung cra brpikirnya kita…

  171. shin berkata

    Saya seorang mahasiswi Trisakti keturunan Tionghoa, dan saya ingin memberitahukan bahwa POST dari :

    “SINGA PRIBUMI berkata

    14 Mei 2011 pada 1:43 AM
    Tentang orang CINA..,
    1. Sejak jaman belanda CINA sudah meng-eklsuif-kan kelompok mereka, dan lebih suka membantu belanda dalam banyak hal dan orang CINA tidak pernah berperan membantu Indonesia (pribumi), dari jaman penjajahan sampai Indonesia merdeka, CINA hanya memetik hasil perjuangan pribumi dan menikmati pasilitas kemerdekaan Indonesia
    2. CINA sangat-sangat-sangat diskriminatif kepada bangsa pribumi Indonesia (berbeda dengan cina-cina di luar Indonesia)
    3. Coba itung-itung, banyak sekali orang CINA ngutang di bank-bank Indonesia dengan nilai milyaran dan triliunan rupiah and dollar, trus kabur dengan membawa uang pinjaman tersebut, ini salah satu kejahatan dari sekian kejahatan ORANG CINA
    4. Contoh nyata : saya punya keluarga menikah dengan orang CINA, dan gara-gara menikah dengan pribumi, hak atas hak warisnya dalam keluarga di HAPUS, ini adalah satu diantara ribuan kisah pilu perkawinan pribumi-CINA
    5. Jadi wajar saja para pelaku sejarah sampai akhir hayatnya tidak mau menasionalisasikan orang CINA jadi warga indonesia, dan ingat baik-baik bahwa indonesia ini pernah akan di jadikan negara komunis dengan bantuan dari orang CINA di indonesia.
    6. Tidak heran, akan tetapi wajar-wajar saja kalau pribumi, sampai hari ini, benci dengan orang CINA dan selalu menggunakan setiap kesempatan untuk melampiaskan kebencian mereka kepada CINA
    7. CINA TETAP CINA…., ”

    ADALAH SALAH TOTAL!!!!

    pertama-tama, kita ini bangsa TIONGHOA, jangan panggil kita “CINA”..
    dalam bahasa kami, “CINA” adalah salah satu kata hinaan !
    maukah kalian orang pribumi dikatakan “INDON” ?
    klo ga mau, jangan provokasi duluan …

    [ Tahun 1928, Soekarno yang merasa berutang budi kepada masyarakat Tionghoa karena koran-korannya banyak memuat tulisan Soekarno, sepakat mengganti sebutan "Cina" dengan Tionghoa. Koran Sin Po adalah koran pertama yang mengganti sebutan "Hindia Belanda" dengan Indonesia pada setiap penerbitannya, dan juga koran pertama yang memuat teks lagu Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.
    Tahun 1945 di dalam teks penjelasan UUD 1945 Bab X Tentang Warganegara tercantum istilah Tionghoa, bukan "Cina". ]

    BACA UUD 1945 ga??
    SIAPA YANG MENJADI WARGA NEGARA DALAM PASAL 26 UUD 1945
    Pasal 26

    (1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.
    (2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.
    (3) Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang.

    lalu, saya ingin bahas postingan…
    apakah bpk “SINGA PRIBUMI” ini orang yg bnr2 melihat dengan fakta bahwa orang TIONGHOA tidak membantu orang PRIBUMI?
    apakah bpk hidup dimasa itu???

    saya berikan beberapa kutipan dari sumber :

    [ Masa Revolusi dan Pra Kemerdekaan RI ]
    [ Di Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang merumuskan UUD'45 terdapat 4 orang Tionghoa yaitu; Liem Koen Hian, Tan Eng Hoa, Oey Tiang Tjoe, Oey Tjong Hauw, dan di Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) terdapat 1 orang Tionghoa yaitu Drs.Yap Tjwan Bing. Liem Koen Hian yang meninggal dalam status sebagai warganegara asing, sesungguhnya ikut merancang UUD 1945. Lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Supratman, pun pertama kali dipublikasikan oleh Koran Sin Po.
    Dalam perjuangan fisik ada beberapa pejuang dari kalangan Tionghoa, namun nama mereka tidak banyak dicatat dan diberitakan. Salah seorang yang dikenali ialah Tony Wen, yaitu orang yang terlibat dalam penurunan bendera Belanda di Hotel Oranye Surabaya. ]

    [ Pasca kemerdekaan - Orde Lama ]
    [ Pada Orde Lama, terdapat beberapa menteri Republik Indonesia dari keturunan Tionghoa seperti Oei Tjoe Tat, Ong Eng Die, Siauw Giok Tjhan, dll. Bahkan Oei Tjoe Tat pernah diangkat sebagai salah satu Tangan Kanan Ir. Soekarno pada masa Kabinet Dwikora. Pada masa ini hubungan Ir. Soekarno dengan beberapa tokoh dari kalangan Tionghoa dapat dikatakan sangat baik. ]

    [ Pasca kemerdekaan - Order Baru ]
    [ Sejak tahun 1967, warga keturunan dianggap sebagai warga negara asing di Indonesia dan kedudukannya berada di bawah warga pribumi, yang secara tidak langsung juga menghapus hak-hak asasi mereka (Tionghoa). Kesenian barongsai secara terbuka, perayaan hari raya Imlek, dan pemakaian Bahasa Mandarin dilarang, meski kemudian hal ini diperjuangkan oleh komunitas Tionghoa Indonesia terutama dari komunitas pengobatan Tionghoa tradisional karena pelarangan sama sekali akan berdampak pada resep obat yang mereka buat yang hanya bisa ditulis dengan bahasa Mandarin. Mereka pergi hingga ke Mahkamah Agung dan akhirnya Jaksa Agung Indonesia waktu itu memberi izin dengan catatan bahwa Tionghoa Indonesia berjanji tidak menghimpun kekuatan untuk memberontak dan menggulingkan pemerintahan Indonesia. ]

    [ Peran Warga Tionghoa Bagi Republik Indonesia ]
    [ Sumbangsih warga Tionghoa Indonesia juga terlihat dalam koran Sin Po, dimana koran Sin Po menjadi koran pertama yang menerbitkan teks lagu Indonesia Raya setelah disepakati pada Sumpah Pemuda tahun 1928.
    Nama Sie Kok Liong memang sangat jarang didengar oleh masyarakat Indonesia, namun Sie Kok Liong merupakan seorang warga Tionghoa yang menyewakan rumahnya bagi para pemuda dalam menyelenggarakan Sumpah Pemuda. Hanya sedikit catatan mengenai Sie Kok Liong, seiring dengan tumbuhnya sekolah-sekolah pada awal abad ke-20 di Jakarta tumbuh pula pondokan-pondokan pelajar untuk menampung mereka yang tidak tertampung di asrama sekolah atau untuk mereka yang ingin hidup lebih bebas di luar asrama yang ketat. Salah satu di antara pondokan pelajar itu adalah Gedung Kramat 106 milik Sie Kok Liong. Di Gedung Kramat 106 inilah sejumlah pemuda pergerakan dan pelajar sering berkumpul.

    Universitas Trisakti yang kini menjadi salah satu universitas terkenal di Indonesia juga merupakan salah satu sumbangsih warga Tionghoa di Indonesia. Pada tahun 1958, universitas ini didirikan oleh para petinggi Baperki yang kebanyakan keturunan Tionghoa salah satunya yaitu Siauw Giok Tjhan, pada tahun 1962 oleh Presiden Soekarno nama universitas ini diganti menjadi Universitas Res Publika hingga 1965, dan sejak Orde Baru, universitas ini beralih nama menjadi Universitas Trisakti hingga sekarang.

    Di Medan dikenal kedermawanan Tjong A Fie, rasa hormatnya terhadap Sultan Deli Makmun Al Rasyid diwujudkannya pengusaha Tionghoa ini dengan menyumbang sepertiga dari pembangunan Mesjid Raya Medan. Rumah peninggalan Tjong A Fie sampai sekarang masih ada di kota Medan walaupun bangunannya terlihat tidak terurus lagi. ]

    SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Tionghoa-Indonesia

    saya utamakan referensi dari wikipedia yang memiliki sember referensi yang bisa dikatakan lengkap..
    kami warga TIONGHOA bukanlah warga yang mencari keributan, memang benar kami disebut “menumpang tinggal”
    tapi jika Anda sebagai PRIBUMI ingin dihormati dan dihargai, MAKA hormatilah dan hargailah juga kami warga TIONGHOA..

    apakah kami warga TIONGHOA pernah membuat keributan/terorisme/pemerkosaan/kejahatan/pencurian/dsb sebelum TRAGEDI MEI 1998???

    Ketahuilah…kami warga TIONGHOA bekerja keras di INDONESIA, Anda semua sebagai PRIBUMI jangan berpikir kami warga TIONGHOA itu hidupnya enak2! KARENA DARI KERJA KERASLAH maka kita bisa hidup lebih tercukupi !! jangan pernah berpikir instant !

    TIONGHOA memang TIONGHOA, tapi kami hidup dari kerja keras..kami hidup di INDONESIA, kami juga berusaha berteman dengan pribumi, tetapi kenapa yang muncul adalah perbedaan etnis??

    sadarkan diri ANDA semua, kita mahluk sosial, hidup di INDONESIA atau DIMANAPUN, berteman lebih baik daripada bermusuhan..
    memang kita menumpang hidup, tapi jangan menghina..
    APABILA ada orang yg lebih TERCUKUPI daipada kita, JANGAN IRI, MELAINKAN BEKERJA LEBIH KERAS !!

    sebelum menghakimi orang, LIHAT KEDALAM DIRI ANDA TERLEBIIH DAHULU !!
    SUDAHKAH ANDA BERPERILAKU BAIK DAN BERPEMIKIRAN MAJU??

  172. perantau berkata

    Lebih seru baca komentar2nya drpd beritanya.. walau belum selesai baca komentarnya

  173. YULY MEDAN berkata

    Saya ingin bercerita bahwa dulu ya saya se orang
    penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
    tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
    informasi dari teman bahwa MBAH RORO bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
    akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah meman bener-bener terbukti tembus.
    saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH RORO .atas bantuan MBAH saya sekarang.
    sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
    usaha matrial dan butik pakaian muslim.
    Jika anda mau buktikan silahkan HBG MBAH ATAU SMS DI nomor ;0853_9453_7578 atauKLIK DISINI

  174. Surati berkata

    Kenapa hanya etnis Tionghoa saja yg dipojokkan dengan gaya hidup eksklusiv mereka, sedangkan menurut pengalaman saya tidak sedikit kaum pribumi yang juga demikian, bahkan lebih parah. Saya menyaksikan sendiri seorang anak pejabat membeli satu botol minuman keras seharga sekitar 5 juta IDR sekitar 20 thn yl…Ini hanya salah satu dari sekian banyak bentuk kesombongan kaum pribumi dari golongan atas.

  175. Praz berkata

    1 aja pesanku . Indonesia milik pribumi yang memilki adat istiadat dan religi. ibarat kata : ‘ Dimana bumi dipijak , disitu langit dijunjung’.
    Kau telah injak harga diri dan martabat kami, lewat monopoli ekonomi dll. itu adalah reaksi dari kekecewaan pribumi atas sikap kaummu.
    ingat 1 hal : ‘ TIDAK ADA ASAP, KALO TIDAK ADA API’ .

  176. roy berkata

    Maaf ini isu SARA ……..boleh dan silahkan berteman dg orang etnis cina dan mencari ilmu sampai ke negeri china tp jangan pake HP cina coy gampang rusak……………regards peace!!!

  177. sadar berkata

    mata, telinga, kita beda. lagipula itu pendapat. klo pun faktanya bagaimana gak mengubah apapun. yang mati tetep mati yang komen bakalan mati, pelaku biar sengsara sampai mati.

  178. andri berkata

    Kita sudah tahu bahwa politik itu memang kejam khususnya di Indonesia, masih ingatkan tragedi 1965? sebuah intrik dan konspirasi politik yang menelan korban jutaan orang. dan masih banyak lagi tragedi yang berpangkal dari rekayasa politik. rakyat dengan mudah diperalat karena rendahnya pendidikan sehingga nalar individu begitu mudahnya melebur dalam nalar komunal hanya dengan sedikit umpan provokasi. tragedi banyuwangi, sampit, ambon dan poso merupakan rekayasa elit politik nasional, lokal dan militer yang memiliki kemampuan operasi inteligen yang luar biasa. yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan level pendidikan rakyat sehingga tidak mudah dimanfaatkan oleh man behind scene atau actor intellectual. jadi hendaknya kita semua di sini berpikir dewasa dan tidak ikut terprovokasi. kalau anda semua berpendidikan tentunya mampu melakukan analisa bukannya ikut terpancing menjadi agitator baik secara sadar maupun tidak

  179. oor berkata

    memang benar kok ada pemerkosaan sewaktu kerusuhan mei 1998. cari aja video-nya di glodok. ada yang jual.

  180. Jakarta Mei 98 berkata

    udah jelas, penulis itu salah satu pelaku pemerkosaan Mei 98
    saya 100% yakin lah

    sekarang (2014) saya selalu menaruh curiga pada orang Jakarta laki2 umur 40 – 55 tahun, FU*CK semua!
    inget pelaku2 pemerkosa itu dulu laki2 rentang umur 25 – 40 an
    sekarang udah 15 tahun berarti ya umur mereka sekarang 40-55 tahun.

    Bagi anak2 yang ada bapaknya umur segituan dan tinggal di Jakarta
    silahkan tanya, dulu terlibat gak?
    jangan2 anda2 adalah anak pemerkosa
    mending langsung bakar aja bapak kalian klo memang terlibat pemerkosaan

  181. didi berkata

    kalau bisa cuma copas jangan berkoar deh, anda ndak liat langsung kan? Wkt itu saya liat langsung dkawasan Binus skrg 2 perempuan cina di tarik2 rame2 dan dtelanjangi lalu dinaikan ke mobil

  182. akurapopo berkata

    rame yang koment dr tahun 2009 sampai skrng 2014..

  183. gajluk berkata

    perangi kebohongan.

  184. adi berkata

    gua cuma bisa bilang, apapun yang terjadi itu memang beneran, terlalu banyak saksi mata bos, tunggu bos 10 20 tahun lagi baru terkuak, karena penguasa penguasa dahulu udah bakal turun, dan kisah hitam pun bakal terkuak tanpa ada rasa dendam2 lagi, karena ya itu sejarah, sejarah yang bakal dibuka demi kelangsungan hidup yang lebih damai di masa mendatang.

    yang bilang cina monopoli ekonomi, tolong banyak belajar, uda bisa komen disini berarti uda bisa punya komputer dan internet, tolong dicari tahu apa perbedaan kamu dengan cina. Dan memang terjadi dimana ras cina mengendalikan ekonomi di Indonesia, tapi ya contohnya kayak di glodok, mangdu, dan lain2. Coba lu liat, emang orang glodok yang jualan semuanya kaya? hahaha, pikir dong mas pake otaknya, monopoli ekonomi tidak berarti yang kaya semuanya orang cina, tapi memang ekonomi indonesia sebagian besar dikendalikan cina, yang dimana kalo mereka semua secara serentak berhenti melakukan pekerjaan mereka sehari2, Indonesia bisa menghadapi inflasi besar2an, alias krisis ekonomi, kira2 begitu.

    banyak baca mas, saya kenal banyak pribumi kaya, dan banyak cina miskin.

    tau gak? kenapa ekonomi bisa dikendalikan cina? saya keluarga serba berkecukupan, motor dikasih umur 17, mobil gapunya, handphone seadanya, tapi tabungan banyak investasi banyak aset rumah 4 yang masing harganya kira 5 m keatas per rumah, dan kira2 ya sebagian besar cina yang lagi nabung buat masa depan yah seperti ini.
    coba dibandingkan dengan banyak pribumi yang saya kenal (termasuk om saya, tante saya, supir dll, bapak saya seorang pribumi, mama cina) hidup pas2an, anak sd uda dikasi motor, uda dikasi handphone tab, ps, mainan ini itu, rumah cuma 1 ukuran 100m2, punya mobil tapi ga ada pariran. ntuh kira2 bedanya, cuma beda cara hidup aja, bukannya dikeluhin, terserah kalian mau hidup kayak apa, urusan kalian, tapi yah jangan kami yang selalu jadi korban

    dan cina benci pribumi itu gapantas, karena uda lewat dan pelaku bukan semua orang pribumi

    pribumi benci cina silahkan, kami orangnya easy going, kamu baik kami baik, kamu brengsek kami membalas

    dan yang bilang cina benci islam, kayak artikel ini yang bilang isu dibuat untuk menjatuhkan nama islam, kamu goblok ya? waktu Tahun 98 terjadi kerusuhan, kami cina, dan kami islam, ngerti? dan kami tetap dimasuki rumahnya ditodong golok, dan diselamatkan oleh pak haji daerah situ, dan kami sangat kenal dengan orang2 yang nyerang rumah kami, ngerti?

    tolong pikir pake otak, kalo kalian lebih percaya artikel ini dan tidak mencari tahu lagi, kalian bodoh,

    jadilah sisi yang netral, dimana kamu mencari kebenaran untuk diri kamu sendiri, bukan menjadi pelopor kerusuhan macam ini dihari nanti

    tolong jangan tolol2 banget jadi orang, kalian uda dewasa, uda bisa liat sana sini, uda tau yang bener mana yang salah, pikir pake otak

  185. Cradel berkata

    dlam agama katolik ada sebuah cerita mengenai seorang perempuan yang tertangkap basah sedang berzinah kemudian di ditangkap dan dibawa kehadapan Yesus untuk dihakimi. Tetapi tahukah kalian Yesus tidak menghukumnya tetapi memaafkannya dan berkata “Bagi siapa yang tidak bedosa silakan melempar batu untuk pertama kalinya”.
    yang ingin saya tanyakan kepada anda semua.
    1. Apakah anda tidak mempunyai kekurangan ?
    2. Apakah anda tidak pernah berbuat salah sehingga anda dapat mencari kesalahan orang lain?
    3. Apakah anda sudah cukup baik dihadapan Tuhan sehingga anda bisa mencaci maki orang lain?
    4. Apakah anda tidak berdosa?
    saya keturunan tionghua dan saya lahir di Indonesia maka saya adalah WARGA NEGARA ASLI INDONESIA.
    satu kata dari saya kita semua makhluk ciptaan Yang Maha Kuasa, kita semua sama tidak ada yang berbeda dan kita diciptakan untuk melengkapi satu sama lain dan menciptakan dunia yang indah,damai dan sempurna.

    trims~

  186. Ani berkata

    Lieur saya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: